Thursday, March 3, 2016

TV SANYO CG21YS2 SUARA TROUBLE


Kerusakan:
Televisi Sanyo jika kita hidupkan semuanya tampak normal-normal saja, gambar dan suara dalam keadaan bagus. Permasalahan mulai timbul ketika sudah beberapa jam televisi kita hidupkan , timbul suara storing di speaker-nya persisnya seperti ada jalur yang konslet.







Perbaikan:
Permasalahan seperti ini agak sulit di prediksi mengingat terjadinya setelah agak lama televisi kita hidupkan, poin-nya adalah suhu. Suhu yang semakin memanas setelah beberapa jam televisi kita hidupkan menjadikan menurunnya kinerja komponen yang ada di mainboard. Suara yang dihasilkan pada televisi ini memang tidak terganggu, masih berfungsi seperti biasa cuma terkadang ada tambahan bunyi secara dadakkan/ tok-tok.

Hal ini tentunya sangat menggangu, untuk mengetahui secara persis komponen yang mengalami gangguan maka kita coba memeriksa IC LV1116. IC ini berfungsi sebagai pre amp serta volume control, dan terhubung langsung ke input power amplifier-nya. Secara akurat kita tidak bisa mengukur pinout IC-nya karena jika ukur terlihat dalam keadaan normal-normal saja,

Langkah pemeriksaan hanya dengan merasakan panas yang dihasilkan dari kerja IC LV1116, awal masih dalam kondisi dingin setelah beberapa jam suhu mulai naik.Rupanya memang akibat suhu semakin panas menjadikan terganggu-nya kerja IC LV1116, penggantian IC LV1116 segera kita lakukan.




Pada gambar diatas setelah kita adakan penggantian IC LV1116, untuk melepaskan IC ini kita gunakan solder uap karena adanya lem pada body IC yang membuat susah untuk dilepaskan dengan solder biasa. Sedangkan untuk memasangkannya sebaiknya kita gunakan solder biasa, yang sebelumnya sudah kita berikan caiaran losfett.

Kini kita coba kembali hidupkan televisi Sanyo-nya dan kita diamkan selama 2 jam, Alhamdulillah storing yang suka timbul kini sudah tidak terdengar lagi.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment