Thursday, March 3, 2016

TV SAMSUNG CS20F10 TIDAK KELUAR GAMBAR


Perbaikan:
Televisi Samsung kita coba hidupkan, terlihat lampu indikator menyala ? Sesaat kemudian lampu indikator mati dan pada layar monitor tidak ada tampilan sama sekali.







Perbaikan:
Pemeriksaan kita mulai dengan mengukur di beberapa titik di mainboard, diantaranya pada bagian B+ untuk playback serta B+ untuk rangkaian logic dan lain-lainnya. Dari hasil pengukuran kita dapatkan hasil semuanya dalam keadaan normal, berarti power supply masih dalam keadaan baik. Tahap selanjutnya kita adakan pengukuran dibagian regulator untuk chipset televisi, tegangan untuk ini bernilai 3,3 volt.

Dan hasil pengukuran juga normal, hampir di semua titik tegangan supply tidak ada yang mencurigakan. Jadi kita beralih mengadakan pemeriksaan di bagian chipset, karena hanya pada bagian ini yang belum kita periksa. Mainboard televisi Samsung dilengkapi dengan teks untuk setiap pinout IC Chipset, jadi kita coba urut.

Poin paling awal yang kita ukur pada fungsi H out yang berada pada kaki 33 disini masih terukur normal tegangan keluarannya. Maka selanjutnya kita adakan pengukuran pada kaki 34, disini yang agak mencurigakan karena tegangan berada di level 4,5 volt. Segera kita urut jalur kira-kira larinya kebagian mana, akhirnya kita ketahui titik awalnya berada dari Capasitor . Posisi capasitor berada di bagian colector playback, dengan kapasitas 680pf/2kv.




Secara fisik memang terlihat baik tapi ternyata setelah kita adakan pengukuran, kita dapatkan hasil 10 Mega?. Jadi jelas sudah capasitor inilah sebagai penyebab kerusakan pada televisi ini, Segera kita siapkan pengganti dan langsung kita pasangkan pada mainboard.



Setelah selesai kita pasangkan capasitor baru, kini tinggal kita adakan pengetesan. Kita coba hidupkan televisi tunggu sesaat ? Hasilnya Alhamdulillah televisi Samsung sudah kembali hidup, gambar sudah tampak pada layar monitor-nya.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment