Saturday, February 6, 2016

TV TOSHIBA 3429DXE GAMBAR MELIPAT PADA BAGIAN ATAS


Perbaikan:
Televisi Toshiba jika kita hidupkan gambar yang ditampilkan pada layar monitor bagus untuk bagian bawahnya sedangkan pada bagian atas terlihat melipat. Sedikit tambahan televisi Toshiba ini sudah pernah coba diperbaiki cuma tidak membawakan hasil/ gagal

Model televisi Toshiba :

model-Televisi-Toshiba-3429DXE-300x225



Perbaikan:
Gambar yang melipat hanya pada bagian atas biasa terjadi karena tidak berfungsinya filter tegangan B+ untuk Ic Vertikal, itu untuk kasus umum. Namun untuk kali ini tidak ada dampak positif karena teknisi pertama yang mencoba memperbaiki ini sudah mengganti semua komponen yang terkait seperti IC Vertikal, dan beberapa Capasitor. Kini kita tinggal melanjutkan proses pemeriksaan dan langkah awal yang kita tempuh adalah dengan mencoba merubah parameter V-Size.

Televisi Toshiba ini dilengkapi pengaturan V-size hanya dengan membuka Menu, dan hasil yang kita dapatkan tidak ada perubahan. Dan satu lagi kita coba merubah parameter H-Size disini juga tidak ada hasil, alias sama saja seperti semula. Jadi dari pemeriksaan yang kita lakukan sudah bisa dipastikan kerusakan ada di Ic untuk mengontrol kedua fungsi ini. Ic yang dipergunakan adalah TA8859 dan sebelum kita adakan penggantian kita coba ukur terlebih dahulu jalur control dari Ic Logic. Jalur tersebut ada 2 yaitu data dan clock dan disini dipasangkan resistor 4k7 dan terhubung dengan kaki 9-10 Ic TA8859. Pengukuran kita lakukan untuk kedua resistor dan hasil yang kita dapatkan masih dalam kondisi bagus. Lokasi Ic TA8859 bisa dilihat pada gambar berikut :

Ic-TA8859-televisi-Toshiba-3429DXE-300x225

Sekarang kita pasangkan Ic TA8859 dan setelahnya kita coba hidupkan televisi , tunggu sesaat dan hasilnya ? Alhamdulillah lipatan yang ada pada bagian atas kini telah hilang. Televisi Toshiba telah pulih seperti sedia kala,kita tinggal merubah sedikit supaya gambar bisa full hanya dengan membuka Menu > V- Size. Selesai sudah proses perbaikan yang kita lakukan untuk televisi ini,alhamdulillah permasalahan dapat teratasi.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment