Saturday, February 6, 2016

TV TOSHIBA 21LZE28 MATI TOTAL


Perbaikan:
Televisi Toshiba jika kita hidupkan tidak terlihat lampu indikator-nya menyala,lebih singkat kita bilang mati-total

Model televisi Toshiba :

Televisi-Toshiba-21LZE28-300x225



Perbaikan:
Mati-total kerusakan yang dialami televisi Toshiba, langkah awal untuk memperbaiki ini adalah dengan memeriksa rangkaian power supply-nya. Komponen yang terkait untuk ini adalah Fuses—– Switch master—– PTC—–Dioda—– IC switching, pemeriksaan kita mulai dari depan yaitu Fuses. Kondisi Fuses yang ada di mainboard televisi Toshiba setelah kita periksa memang sudah dalam kondisi putus, pantas saja televisi jadi tidak hidup, tampak Fuses bisa dilihat pada gambar berikut :

Fuses-mainboard-televisi-Toshiba-300x225

Tanda lingkaran dalam gambar adalah letak Fuses-nya, ada hal yang mesti diperhatikan sebelum kita adakan penggantian fuses. Kita mesti memeriksa ke bagian berikutnya yaitu PTC— Dioda — Ic Switching, untuk bagian dioda dan ic switching dalam kondisi baik, itu bisa kita ketahui dengan mengadakan pengukuran dengan multitester dengan batas ukur x10 dan letakkan prob pada kaki capasitor filter tegangan 300 volt. Sebaiknya di shotkan terlebih dahulu dengan menggunakan kabel untuk kedua kaki capasitor untuk menghilangkan tegangan yang tersimpan bila ada atau mungkin bisa gunakan resistor 47 ohm/2 watt. Ini untuk menghindari kerusakan pada multitester-nya apabila tegangan masih tersimpan pada capasitor yang mau kita ukur.

Hasil dari pengukuran dengan multitester kita dapatkan dioda dan ic switching dalam kondisi baik itu bisa kita lihat dengan penunjukkan angka di multitester yang tidak bolak-balik maksudnya hanya satu arah, prob hitam di kaki ground dan prob merah di kaki plus . Hanya PTC yang belum kita periksa dan setelah kita lepaskan dan kita ukur terlihat seperti tidak ada masalah tetapi setelah kita buka barulah terlihat adanya tanda hangus berwarna hitam .

Segera kita pasangkan PTC baru dan sekaligus kita pasangkan Fuses, tampilan PTC dan Fuses pengganti bisa dilihat pada gambar berikut :

fuses-pengganti-mainboard-televisi-Toshiba-300x225

PTC-pengganti-mainboard-televisi-Toshiba-300x225

Besar fuses pengganti adalah 3,15 A bisa dilihat pada mainboard-nya.

PTC pengganti kita gunakan nilai 14 ohm untuk bawaan aslinya adalah 9 ohm, kini setelah selesai kita pasangkan PTC dan Fuses kita coba hidupkan televisi-nya ? Hasilnya alhamdulillah televisi Toshiba sudah kembali hidup.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment