Wednesday, February 17, 2016

TV TOSHIBA 21LSD68 MATI TOTAL


Kerusakan:
Televisi Toshiba jika kita hidupkan tidak terlihat tanda-tanda kehidupan, lampu panel terlihat tidak menyala.

Model televisi Toshiba :

Televisi-Toshiba-21LSD68-300x225



Perbaikan:
Kasus mati-total bila terjadi pada televisi yang mesti kita periksa pertama kali adalah rangkaian power supply, komponen terkait untuk bagian ini adalah switch master, fuses dan rangkaian switching. Paling awal kita periksa fuses karena dapat dilihat dengan kasat mata, disini fuses dalam keadaan hitam pada bagian dalamnya. Jadi jelas aliran listrik tidak dapat masuk ke rangkaian switching dengan keadaan fuses putus.

Yang jadi pertanyaan , komponen apakah yang menyebabkan fuses menjadi putus ? ini diperlukan sebelum kita adakan penggantian fuses. Seperti kita ketahui fuses tidak akan putus sendiri apabila tidak ada penyebabnya,untuk memperjelas kita adakan pengukuran pada dioda untuk tegangan dc 300 volt. Hasil yang kita dapatkan dioda masih bagus, kita lanjutkan pada Capasitor filter untuk tegangan 300 volt disini kita temukan masih bagus juga.

Dari kedua pengukuran yang telah kita lakukan, sudah dapat dipastikan power supply masih dalam kondisi baik. Hanya satu komponen yang belum kita periksa yaitu PTC, komponen inilah yang paling awal dialiri listrik setelah switch master kita hidupkan. PTC yang pada awal kerjanya memang mempunyai hambatan yang lumayan kecil hanya 9 ohm akan membutuhkan arus yang besar juga walaupun hanya hitungan detik setelahnya hambatan akan membesar.

Hasil dari pengukuran PTC kita dapatkan adanya kerusakan, ini ditandai dengan lempeng dalam PTC seperti ada hangus/ berwarna hitam. Segera kita adakan penggantian PTC dan setelah selesai kita pasangkan fuses baru dan selenjutnya kita coba hidupkan televisi ? Hasil Alhamdulillah televisi Toshiba sudah kembali hidup.

Letak PTC bisa kita lihat pada gambar berikut :

PTC-di-mainboard-televisi-Toshiba-300x225
Pengurutan jalur sangat diperlukan untuk memudahkan proses perbaikan, ternyata kerusakan ada pada PTC-nya saja. Inilah kisah perbaikan yang kita lakukan, Semoga bisa bermanfaat.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment