Tuesday, February 9, 2016

TV SHARP 51W500T INDIKATOR KEDIP-KEDIP


Kerusakan:
Televisi Sharp jika kita hidupkan cuma terlihat lampu indikatornya saja yang kedap-kedip tidak terlihat gambar di layar monitor-nya, tapi bila sudah agak lama terkadang suka mau sendiri.

Model televisi Sharp :

Televisi-Sharp-51W500T-300x225


Perbaikan:
Awal pemeriksaan kita mulai dengan memeriksa rangkaian power supply, ini terkait dengan kerusakan yang dialami televisi ini. Lampu indikator yang terlihat kedap-kedip itu disebabkan karena tegangan supply dalam kondisi tidak stabil, untuk mengetahui secara pasti kita adakan pengukuran pada tegangan output dari power supply. Poin pertama kita ukur pada jalur B+ disini kita dapatkan tegangan 50 volt dan untuk sistem control kita dapatkan tegangan supply 8 volt.

Sesaat televisi mau hidup kita lihat tegangan supply 8 volt menjadi spaning, seperti ada beban berat yang terhubung dengan jalur ini. Dampak dari spaning ini membuat B+ menjadi spaning juga, akhirnya terjadilah lampu indikator kedap-kedip. Setelah kita adakan pengukuran pada bagian Logic dimana tegangan untuk ini adalah 3,3 volt hasilnya dalam kondisi normal.

Berarti kerusakan ada pada rangkaian power supply-nya dan untuk mengetahui apakah power supply berfungsi dengan normal, disini kita gunakan lampu pijar 100 watt yang kita hubungkan pada jalur B+. Saklar on-off untuk mengaktifkan tegangan B+ yang awalnya 50 supaya menjadi 115 volt kita kita shot-kan terlebih dahulu caranya dengan memberikan ground,lebih jelas kita lihat pada gambar berikut:

switch-on-off-B+-mainboard-televisi-Sharp-300x225

Setelah kita shot-kan kita coba hidupkan power supply ? hasilnya negatif ,lampu pijar tidak menyala. Power supply dalam kondisi tanpa beban terlihat normal, setelah diberi beban langsung drop . Pengukuran kita lanjutkan pada area primer power supply, dalam kondisi on kita ukur tegangan B-up untuk IC Switching. Lokasi pengukuran kita mulai dari B-up untuk IC switching disini menggunakan capasitor 22uf/50 volt, sesaat power supply terkena beban kita lihat ada denyut untuk tegangan B-up. Jadi capasitor inilah yang menyebabkan power supply jadi tidak bisa stabil.

Segera kita adakan penggantian capasitor-nya, posisi-nya di mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut :
capasitor-B-up-power-supply-televisi-Sharp-300x225

Setelah selesai kita pasangkan capasitor, kini kita coba kembali hidupkan power supply ? hasilnya lampu pijar sudah bisa menyala, berarti sistem power supply sudah kembali normal. Lampu pijar kita lepaskan berikut jalur yang tadi kita shot-kan lalu kita coba hidupkan televisi ? hasilnya alhamdulillah televisi Sharp sudah kembali normal, lampu indikator yang kedap-kedip kini sudah tidak tampak lagi .








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment