Saturday, February 6, 2016

TV SHARP 14X25 TIDAK BISA HIDUP


Kerusakan:
Televisi Sharp jika kita hidupkan cuma terlihat lampu indikator-nya saja yang menyala, kita tekan tombol program/ power cuma terlihat lampu indikator berubah warna sedangkan televisi tetap tidak mau hidup.

Model televisi Sharp :

model-Televisi-Sharp-14X25-300x225



Perbaikan:
Pemeriksaan untuk kasus kerusakan seperti ini kita mulai mengukur di beberapa titik diantaranya tegangan B+ untuk supply ke Playback selanjutnya tegangan 5 volt untuk rangkaian logic. Hasil dari pengukuran yang kita lakukan kita dapatkan tegangan supply dalam kondisi baik dalam hal ini tidak drop. Untuk memperjelas kenapa televisi tetap tidak mau hidup padahal tegangan supply dalam kondisi baik maka kita coba mengukur tegangan untuk sistem osilasi Horizontal.

Tegangan osilasi Horizontal didapat dari Chipset yang mendapatkan tegangan supply 8 volt, nah dari sini baru dikeluarkan tegangan untuk basis transistor . Kita adakan pengukuran dan kita dapatkan tegangan untuk basis tersedia maksudnya ada, itu kita lihat hanya sesaat saja setelah sistem mencoba menghidupkan televisi-nya tapi karena playback tidak mau hidup maka kembali ke posisi standby.

Jika tegangan untuk basis ada kenapa tetap tidak mau hidup televisi-nya ? untuk ini kita coba ukur tegangan pada kaki Colector Transistor dan hasilnya tegangan supply dalam kondisi drop dan ini disebabkan oleh transistor itu sendiri/ rusak maksudnya. Lokasi transistor bisa dilihat pada gambar berikut :

mainboard-televisi-Sharp-transistor-osilasi-300x225

Model transistor-nya :

model-transistor-osilasi-horizontal-televisi-sharp-300x225

Transistor pengganti untuk ini kita gunakan type 2sc 3842 yang biasa dipergunakan untuk penguat video RGB, setelah selesai kita pasangkan kini kita coba hidupkan televisi Sharp-nya ? Hasilnya alhamdulillah televisi Sharp kini telah kembali hidup, dan ternyata ada tambahan kerusakan yaitu warna merah tidak tampak pada layar monitor-nya. Kita coba ukur transistor penguat video RGB untuk kanal Merah ,hasilnya masih bagus transistor-nya .

Kita coba ukur tegangan untuk basis transistor-nya kita dapatkan hanya o volt. Ternyata kerusakan karena resistor 4k7 dari output RGB Chipset untuk basis transistor yang mengalami kerusakan, segera kita lepaskan resistor 4k7 dan memasangkan dengan resistor baru dan kini warna merah sudah terlihat lagi pada layar monitor-nya. Resistor yang mengalami kerusakan model kecil/ SMD jadi mesti diurut jalurnya yaitu hanya untuk kaki basis transistor kanal merah-nya.







sumber:

No comments:

Post a Comment