Wednesday, February 3, 2016

TV SANYO CG21YS2 SUARA TIDAK ADA


Kerusakan:
Televisi Sanyo jika kita hidupkan tampilan gambar pada layar monitor baik-baik saja yang tidak ada suara di speaker, kita coba besarkan volume tetap tidak ada suara sama sekali.

Model televisi Sanyo :

model-Televisi-Sanyo-CG21YS2



Perbaikan:
Fungsi pengaturan suara pada televisi ini menggunakan Ic Lv1116 dengan model SMD/ kecil dan pada kasus yang terdahulu/ atau pernah kita temui dengan permasalahan yang berbeda tetap saja disebabkan oleh Ic ini. Kemungkinan untuk permasalahan kali ini juga disebabkan oleh Ic Lv 1116 ini dan untuk memastikan kita coba periksa Ic ini dengan cara melihat pin output untuk input amplifier dan menghubungkan langsung dari line output dari Ic Chipset,

Langkah ini hanya untuk memastikan bahwa kerusakan memang dari Ic Lv1116-nya bukan dari Ic Chipset-nya, dan dari hasil pemeriksaan memang benar kerusakan ada pada Ic Lv1116 dan segera kita adakan penggantian . Persiapan untuk melepaskan Ic Lv1116 dengan cara menggunakan solder uap, Ic Lv 1116 secara kontruksi pemasangan dilekatkan lem pada bagian bawahnya jadi menambah susah untuk melepaskan Ic ini dari mainboard.

Posisi Ic Lv di mainboard bisa dilihat pada gambar berikut :

posisi-Ic-Lv1116-di-mainboard-tampak-atas-televisi-Sanyo-CG21YS2-300x225

Setelah Ic Lv1116 kita lepaskan kini kita pasangkan Ic Lv1116 yang baru dengan cara yang sama yaitu dengan menggunakan solder uap yang sebelumnya sudah kita berikan cairan losfett. Tampilan di mainboard setelah diadakan penggantian Ic Lv1116 bisa dilihat pada gambar berikut :

ic-lv1116-mainboard-televisi-Sanyo-CG21YS2-300x225

Saatnya kita coba hidupkan televisi Sanyo-n untuk melihat hasil perbaikannya, Alhamdulillah fungsi suara sudah kembali normal.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment