Saturday, February 6, 2016

TV SANYO CG21YS2 GAMBAR PENDEK


Kerusakan;
Televisi Sanyo jika kita hidupkan tampilan pada layar monitor tidak penuh, lebih mudah kita bilang pendek apabila sudah agak lama mulai agak meninggi sedikit.

Model televisi Sanyo :

model-Televisi-Sanyo-CG21YS2-300x225


Perbaikan;
Permasalahan gambar yang tidak penuh/ pendek itu disebabkan karena tidak berfungsinya capasitor pada bagian vertikal output. Untuk kasus kali ini setelah kita buka televisi dan membersihkan mainboard dari debu dapat kita lihat capasitor mengalami perubahan bentuk/ agak melendung pada bagian atasnya. Dan setelah kita lepaskan dari mainboard dan kita lihat jalur yang terhubung dengan capasitor ini adalah untuk jalur vertikal output.

Capasitor yang dipergunakan mempunyai kapasitas 2200 uf/50 volt dan ada satu lagi dengan kapasitas 1000 uf/25 volt untuk filter tegangan control ic logic. Penggantian capasitor segera kita lakukan dan sebelumnya kita lihat beberapa titik solderan yang mungkin mengalami retak. Posisi capasitor di mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut :

capasitor-2200-uf50-volt-vertikal-output-mainboard-televisi-sanyo-300x225

Tampilan capasitor yang rusak bisa dilihat pada gambar berikut :

capasitor-2200uf50-volt-melendung-pada-bagian-atasnya-300x225

Setelah selesai kita pasangkan kedua capasitor kini kita coba hidupkan televisi Sanyo-nya dan hasilnya alhamdulillah semuanya telah kembali normal. Ada yang kurang benar sedikit setelah kita perhatikan gambar yang ditampilan cenderung agak melebar keatas jadi tidak sama dengan bagian bawahnya. Untuk mengatasi masalah ini kita coba buka servis menu-nya dengan cara Menu di remote dan kita tekan tombol volume up di televisi.

Setelah terbuka servis mode-nya kita rubah parameter V- size kita turunkan ketinggian gambar dan kita rubah V-pos, jika telah terlihat sama barulah kita tinggikan kembali. Untuk merubah option dalam servis mode gunakan tombol sleep dan mute dan untuk merubah parameter-nya kita gunakan volume up atau down.

Selesai sudah proses perbaikan yang kita lakukan ,televisi Sanyo kini telah dapat dinikmati kembali.









sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment