Saturday, February 6, 2016

TV SANYO CG21CE1 SUSAH HIDUP


Kerusakan:
Televisi Sanyo mengalami kerusakan dengan keadaan jika kita coba hidupkan terkadang mau hidup tapi terkadang sangat susah untuk dihidupkan, jika memang mau hidup gambar yang dihasilkan tidak sinkron.

Model televisi Sanyo :

model-Televisi-Sanyo-CG21CE1-300x225



Perbaikan:
Tanda-tanda awal yang bisa kita lihat pertama kali televisi dihidupkan cuma terlihat lampu indikator yang berubah warna dari merah ke hijau, gambar tetap tidak tampil pada layar monitor. Kejadian terus saja seperti itu setelah kita coba berulang-ulang,untuk memastikan letak kerusakan segera kita adakan pemeriksaan. Power supply kita ukur outputnya satu persatu dengan poin utama pada output tegangan 125 volt/ B+ dan hasil yang kita dapatkan dalam keadaan normal.

Begitu pula dengan output yang lain 12 volt maupun 24 volt, bisa kita pastikan tidak ada masalah pada poin ini. Langkah pemeriksaan kita lanjutkan pada bagian ic chipset dengan type LA76931A DE56S1 , kita adakan pengukuran tegangan masuk ke ic ini. Tegangan 5 volt untuk logic dalam keadaan normal , ada satu yang mencurigakan yaitu tegangan b-up untuk osilasi horizontal yang hanya terukur 4 volt. Tegangan ini didapat dari tegangan 12 volt yang telah diberi Resistor dan dipasangkan dioda zener dan mendapatkan tegangan output 6,2 volt. Dari tegangan 6,2 volt ini diberi resistor lagi dengan nilai 18o ohm setelahnya baru diberikan ke ic chipset-nya.

Untuk memastikan kalau memang dari sini penyebab kerusakan televisi ini maka kita coba berikan resistor tambahan dengan nilai yang sama yaitu 180 ohm dengan pemasangan secara pararel sehingga hambatan menjadi 90 ohm. Hasil setelah kita pasangan resistor tambahan kini kita coba hidupkan televisi ? Hasilnya alhamdulillah televisi Sanyo sudah bisa hidup kembali. Posisi resistor yang kita maksud bisa dilihat pada gambar berikut :

chipset-televisi-sanyo-300x225

resistor-180-ohm-mainboard-televisi-sanyo-300x225

Itulah perbaikan yang kita lakukan untuk televisi ini, itu setelah kita lakukan pemeriksaan dengan waktu yang agak lama. Syukurnya bisa ketemu penyebab utama kerusakan ini, kini televisi sanyo sudah kembali normal.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment