Wednesday, February 24, 2016

TV SANYO CG14KX2 MATI TOTAL


Kerusakan:
Televisi Sanyo jika kita hidupkan tidak ada tanda-tanda kehidupan, ini kita lihat dari lampu indikator pada panel yang tidak menyala.

Model televisi Sanyo :

Televisi-Sanyo-CG14KX2-300x2251



Perbaikan:
Kita mulai perbaikan dengan memeriksa rangkaian power supply, titik awal pada bagian fuses/sikring. Disini kita melihat kondisi fuses masih dalam keadaan terhubung/ tidak putus, maka selanjutnya kita adakan pengukuran pada kaki Capasitor 100uf/450volt. Pada capasitor ini jika aliran listrik masuk maka akan terukur dengan multitester tegangan sebesar 300 volt. Hasil dari pengukuran kita temukan tidak ada masalah pada bagian ini.

Secara keseluruhan komponen yang ada pada rangkaian power supply masih dalam keadaan bagus, dengan hasil ini maka tahap selanjutnya kita adakan pemeriksaan dibagian sekunder. Titik awal kita alamatkan pada output terbesar yaitu 120 volt, pada bagian ini biasanya terhubung ke playback. Kita gunakan multitester dengan batas ukur X10 tempelkan prob hitam pada kaki B+ dan prob merah pada kaki Ground.

Hasil pengukuran kita dapatkan dalam keadaan shot, untuk mengetahui penyebabnya maka segera kita lepaskan transistor horizontal-nya dengan type 2SD2634. Setelah terlepas dari mainboard langsung kita adakan pengukuran kembali ? kini hasilnya sudah tidak shot, jadi sudah jelas transistor horizontal sebagai penyebab kerusakan televisi ini. Tampilan transistor horizontal-nya bisa kita lihat pada gambar berikut:

Transistor-horizontal-televisi-sanyo-300x225

Kini kita pasangkan transistor horizontal yang baru, disini kita gunakan type 2SD2253. Setelah selesai saatnya kita coba kembali hidupkan televisi? hasilnya alhamdulilah televisi sudah kembali hidup.









sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment