Saturday, February 6, 2016

TV SAMSUNG CS15K10ML MATI TOTAL


Kerusakan;
Televisi Samsung tidak ada tanda-tanda kehidupan ketika kita coba hidupkan televisi-nya, ini kita lihat dengan tanda lampu indikator yang tidak menyala.

Model televisi Samsung :

model-Televisi-Samsung-CS15K10ML-300x225


Perbaikan;
Mati-total kondisi televisi Samsung ini dan pemeriksaan pertama yang kita lakukan adalah mengukur transistor horizontal, hal ini kerat hubungannya sebagai penyebab utama terjadinya kasus mati-total/ tidak ada power. Kita gunakan multitester dengan fungsi ohm meter dengan batas ukur x10 dan hubungkan prob hitam di kaki colector transistor dan prob merah di kaki emitor transistor. Lihat hasil pengukuran apabila dalam pengukuran kita dapatkan hasil maka sudah jelas transistor horizontal-nya rusak.

Disini memang kita temukan transistor sudah dalam kondisi shot , dan perbaikan untuk ini tidak serta merta hanya mengganti transistor horizontal-nya saja mengapa demikian ? ini disebabkan karena yoke defleksi tidak menggunakan type sejenis / sudah pernah diganti dengan varian lain

model yoke yang dipergunakan :

model-yoke-pengganti-televisi-samsung-300x225

ini yoke defleksi untuk televisi model CRT lama bukan untuk CRT flat, dan memang bisa saja dipasangkan akan tetapi akan menyita sedikit waktu untuk proses penyetingan. Saatnya kita lepaskan transistor horizontal dari mainboard dan setelah kita coba hidupkan televisi-nya dan kita adakan pengukuran tegangan B+ untuk supply playback. Hasil yang kita dapatkan tegangan B+ 125 volt jadi tidak ada masalah disini. Berlanjut kita pasangkan transistor horizontal baru, ohh iya type transistor yang dipergunakan televisi samsung ini bisa dilihat pada gambar berikut :

transistor-horizontal-televisi-Samsung-CS15K10ML-300x225

Dan sebagai pengganti kita gunakan type 2SD2553 dan kita adakan penggantian juga pada capasitor 5n6 1,6kv dengan 6n2 1,6 kv. Setelah selesai kita coba hidupkan televisi Samsung dan hasilnya alhamdulillah televisi Samsung sudah kembali hidup, dan setelah gambar tampil di layar monitor kita melihat ukurannya melebar baik horizontal maupun vertikal. Solusi untuk ini kita bisa lakukan penyettingan lewat remote untuk mengecilkan ukuran vertikal sedangkan untuk horizontal mesti merubah nilai capasitor area ouput yoke defleksi.

Cara buka servis menu televisi Samsung adalah dengan matikan televisi / standby dan tekan tombol secara urut yaitu :

1 Info

2 Menu

3 Mute

4 Power On

Selanjutnya kita pilih Adjust dan cari parameter V-size dan kita kurangi dengan menekan tombol vol-down setelah pas bisa kita matikan televisi untuk proses penyimpanan. Langkah untuk mengurangi lebar horizontal yaitu dengan cara mengganti capasitor ouput yoke defleksi coil horizontal, bawaan mainboard menggunakan nilai 270 nf 200 volt kita ganti dengan nilai 640 nf /400 volt. Capasitor 270 nf/400 volt bisa dilihat pada gambar berikut :

capasitor-270-nf400-volt-defleksi-horizontal-output-televisi-Samsung-CS15K10ML-300x225

Kini setelah setelah kita lakukan perubahan semuanya tampilan sudah kembali seperti semula, ukuran gambar sudah tidak melebar.

Tampilan mainboard area horizontal televisi Samsung :

horizontal-area-televisi-Samsung-CS15K10ML-300x225

Tambahan :
Penyettingan cincin puritas juga diperlukan karena dengan mengganti yoke dengan model lain akan membuat tampilan menjadi berbeda. Caranya dengan memutar atau dengan memajukan cincin puritas-nya, lakukan secara perlahan dan fokuskan pada media teks/ tulisan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ada kecacatan gambar jika menggunakan yoke defleksi model lain yaitu akan timbul warna-warna yang tidak semestinya pada bagian sudut atas maupun bawah layar monitor dan ini bisa saja di benahi dengan penambahan magnet permanen dengan lokasi pada badan yoke defleksi-nya.

Usahakan menggunakan magnet dengan mengambil dari yoke defleksi bawaan televisi-nya, untuk kali ini kita tidak terapkan karena televisi ini sudah menggunakan yoke defleksi baru yang diganti oleh bengkel servis lain, dan yoke lama sudah tidak ada. Jadi langkah perbaikan yang bisa kita lakukan hanya dengan menyetting secara maksimal. Itulah sedikit cerita servis yang kita lakukan , mungkin bisa menjadi pembelajaran dan semoga bisa bermanfaat. amien








sumber;
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment