Tuesday, February 9, 2016

TV PANASONIC TX29V1M MATI TOTAL


Perbaikan: 
Televisi Panasonic jika kita hidupkan terdengar suara cuit dari dalam televisi sedangkan pada layar monitor tidak terlihat tampilan apa-apa.

Model Televisi Panasonic :

Televisi-Panasonic-TX29V1M-300x225



Perbaikan:
Permasalahan yang terjadi pada televisi Panasonic ini ada pada bagian power supply, ini bisa kita predeksikan dari kejadian keluar suara cuit dari dalam televisi. Untuk memperjelasnya segera kita adakan pemeriksaan lebih lanjut, langkah awal yang mesti kita periksa ada pada Transistor Horizontal. Ini terhubung langsung dengan jalur B+ dan pada jalur ini langkah tercepat untuk memastikan lokasi kerusakan.

Hasil pemeriksaan Transistor Horizontal kita dapatkan positif dalam kondisi shot, Sebelum kita adakan penggantian ada sesuatu yang mesti kita periksa ulang yaitu power supply-nya. Televisi Panasonic ini sudah terbilang rada lama, jadi kemungkinan ada komponen yang mulai lemah sehingga terjadi kerusakan pada Transistor Horizontal. Penyebab utama adalah terjadinya kenaikan level tegangan supply yang seharusnya 145 volt.

Untuk mengetahui adanya kenaikan tegangan supply bisa kita gunakan lampu pijar 100 watt yang kita hubungkan pada jalur B+, itu setelah transistor horizontal kita lepaskan dari mainboard. Dan hasilnya setelah kita coba hidupkan televisi-nya tampak lampu menyala sesaat dan langsung mati tidak lama keluar suara cuit lagi dari power supply. Pada power supply ini dilengkapi dengan sistem protek supaya tidak terjadi kerusakan pada transistor switching-nya apabila terjadi kenaikan pada kanal output-nya.

Itulah memang telah terjadi kenaikkan tegangan supply sehingga transistor horizontal menjadi rusak, Untuk memperbaiki power supply-nya komponen yang harus kita ganti adalah capasitor 47uf/35 volt dan 220uf/35volt. Segera kita pasangkan capasitor pengganti, untuk letaknya di mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut :

power-supply-area-televisi-panasonic-300x225

Setelah selesai kita ganti capasitor kini kita coba lagi hidupkan power supply-nya ? hasilnya lampu pijar tampak menyala dengan terang dan kita ukur dengan multitester tegangan B+ 145 volt. Dengan normalnya tegangan B+ langkah berikutnya barulah kita pasangkan Transistor Horizontal-nya, posisi di mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut :

transistor-horizontal-televisi-panasonic-300x225

Tahap akhir telah tiba yaitu pengetesan total, kita hidupkan televisi-nya ? Hasilnya alhamdulillah televisi panasonic telah kembali hidup. Saat televisi hidup kita melihat tampilan CHK pada sisi kanan atas layar monitor, jadi telah terjadi proses pembukaan data setup. Mungkin ini terjadi ketika televisi ini diservis oleh teknisi yang lain, dan mungkin tidak tahu untuk mengembalikan seperti semula. Langkah untuk menghilangkan tulisan CHK caranya adalah dengan menekan tombol sleep satu kali selanjutnya tekan tombol OSD selama beberapa detik.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment