Saturday, February 6, 2016

TV KONKA 14 INC BAU HANGUS


Perbaikan:
Televisi Konka jika kita hidupkan pada awalnya terlihat lampu indikator kedap-kedip setelah beberapa saat terlihat lampu indikator mulai stabil dan setelah mulai tercium bau sangit dari dalam televisi-nya.

Model televisi Konka :

model-televisi-Konka-300x225


Perbaikan:
Langkah awal perbaikan kita mulai dengan melihat mainboard televisi-nya hal ini sangat penting karena mungkin bisa kita lihat secara kasat mata komponen yang mengalami kerusakan. Bau sangit yang keluar dari dalam televisi memungkinkan meninggalkan bekas pada komponen yang terbakar. Hasil penglihatan memang benar telah terjadi kerusakan pada IC Vertikal LA7830, seperti ini tampilannya :

ic-vertikal-mainboard-televisi-Konka-300x225

Sebelum kita pasangkan IC Vertikal baru mesti kita adakan pemeriksaan pada komponen yang lain , yaitu pada rangkaian power supply. Ini karena televisi agak lambat hidupnya dengan tanda lampu indikator yang kedap-kedip sesaat setelah televisi kita hidupkan. Komponen terkait dengan kasus ini adalah Capasitor 47 uf/50 volt untuk filter B-up Ic Switching, posisi pada mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut:

power-supply-area-mainboard-televisi-Konka-300x225

Setelah penggantian capasitor B-up kita coba hidupkan televisi ? hasilnya power supply sudah kembali normal. Langkah selanjutnya barulah kita pasangkan Ic Vertikal baru La7830 beserta capasitor 220 uf/50 volt, oh iya kosongkan terlebih dahulu tegangan yang tersimpan di capasitor filter untuk B+ Ic Vertikal. Setelah semua sudah terpasang rapi, saatnya mencoba hidupkan televisi dan melihat hasil perbaikannya. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar televisi Konka sudah kembali normal.









sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment