Monday, February 15, 2016

TV ICHIKO ULTRA SLIM TIDAK ADA GAMBAR


Kerusakan:
Televisi Ichiko kita coba hidupkan , tidak ada gambar pada layar monitor-nya cuma terdengar suara desis dari dalam televisi.

Perbaikan:
Televisi tidak mau hidup, bagian paling awal kita periksa ada pada bagian rangkaian power supply. Gejala awal yang paling mudah dipredeksi adalah suara desis, dari mana asalnya ? segera kita adakan pengukuran pada rangkaian power supply. Hasil pengukuran kita dapatkan tegangan B+ dari output power supply untuk bagian playback mengalami drop. Penyebab tegangan drop kita coba telusuri , dan barakhir pada Capasitor.

Capasitor untuk filter tegangan B+ mengalami kerusakan dengan kapasitas 100 uf/160 volt. Kita siapkan capasitor pengganti dan memasangkannya pada mainboard, setelah selesai kita coba hidupkan televisi lagi ? hasilnya alhamdulillah televisi sudah kembali hidup. Tegangan B+ adalah sebagai pengunci utama sistem power supply, dengan tidak stabilnya pada bagian ini membuat output yang lainnya juga mengalami trouble.

Posisi capasitor bisa kita lihat pada gambar berikut :

mainboard-televisi-Ichiko-2-300x225

Sampai tahap ini mungkin sudah kita anggap selesai karena televisi-nya sudah hidup, tapi ada hal yang mesti kita tambahkan yaitu mesti resolder pada beberapa titik karena rentan terjadi keretakan. lokasinya ada pada bagian :

1 Kaki Ic Vertikal

2 Kaki Playback

3 Kaki trafo power supply

4 kaki resistor power supply / area tegangan 300 volt

5 Kaki Resistor untuk sistem regulator

5 Kaki transistor pada video RGB untuk CRT

6 Kaki soket RCA untuk input-output video

7 Kaki PTC untuk sistem goussing

8 Kaki Soket Yoke

9 Kaki Resistor untuk Heater CRT

10 Kaki trimpot untuk parameter B+

Untuk tambahan kita lengkapi dengan type playback yang digunakan pada mainboard televisi Ichiko , tampaknya bisa dilihat pada gambar berikut :

type-playback-televisi-Ichiko-BSC26-N1089D-300x225

Pinout playback adalah :

1 Colector

2 B+

3 +17 V

4 Afc

5 Ground

6 Heater

7 Abl

8 Nc

9 180V

10 -17V

Itulah sekilas yang bisa kita utarakan, semoga bermanfaat.









sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment