Sunday, February 21, 2016

TIPS DAN TRIKS PEMASANGAN MAINBOARD TV CHINA



Mainboard-televisi-Wcom-300x211

Bila ada sesuatu yg di kerjakan pasti ada panas yang di hasilkan, disini karena berbau elektronik akan kita bahas tentang televisi.Dahulu diagram televisi begitu rumit, dimana begitu banyak komponen di dalamnya yang satu sama lain saling berhubungan, sedangkan dalam cara kerjanya masih manual . Sekarang ini seiring perkembangan zaman semuanya mulai berganti dengan sistem digital.

Dengan system digital banyak kemudahan yg di dapatkan, mainboard televisi semakin kecil, sistem control yang sangat simpel hanya dengan satu IC , dan masih banyak lagi.
Di balik semua kemudahan , ada kekurangan juga? Sekarang Chipset panerimaan televisi hanya satu, sudah terangkum hampir semua fungsi dan dalam kerjanya IC ini menghasilkan panas .
Terkadang panas inilah yang menyebabkan televisi menjadi rusak, komponen yang paling mudah rusak adalah capasitor. Dalam banyak kasus kerusakan di sebabkan oleh Capasitor, sebagian lainnya karena kendornya timah solderan.

Mainboard televisi buatan cina yang sekarang lagi booming, karena bisa di gunakan hampir di semua merk televisi. Begitu banyak kemudahan yang di tawarkan, dengan harga yang sangat terjangkau . Inilah yang di jadikan alternatif sebagai alat pengganti dalam usaha perbaikan televisi, karena untuk televisi keluaran lama biasanya sparepart-nya sudah tidak tersedia lagi di pasaran. Dengan adanya mainboard buatan cina ini banyak televisi keluaran lama bisa di perbaiki lagi.

Cara solder saat ini sudah sangat modern, hanya dengan sekali solder sehingga ada kelemahannya. Mainboard tv kalau kita perhatikan , timah penghubung antara pcb dengan komponen begitu tipis, contoh pada bagian regulator, [ dioda, ic 7805 ,7809, ] bagian vertikal [ 78040 ]. bagian RGB out [ transistornya ] kaki kaki resistor dengan nilai watt besar [1 atau 2 ] .
Kalau kita mau memasang mainboard tv baru, sebaiknya semua titik di atas di solder ulang [ di tebalkan ] timahnya supaya lebih tahan panas.
Trik ini bukan hanya untuk pemasangan baru melainkan juga untuk perbaikan, dimana hampir 75% kerusakan televisi karena kendornya timah penghubung.
Mainboard televisi Cina , untuk penggantian terkadang tidak sinkron pada horizontalnya. gambar terkadang terlalu lebar, maupun sebaliknya terlalu kecil [ tidak penuh ]. Trik untuk hal ini, kita hanya perlu memindahkan soket kabel merah pada yoke ke tempat yang disediakan [ dekat playback ] pilih mana yg cocok.

Apabila tidak ada yg pas, bisa dengan cara mengganti nilai capasitor . Kalau gambar kurang lebar kita tinggal mengurangi nilai capasitornya contoh,
jika terpasang 470nf 200 volt di ganti dengan nilai 330nf 200 volt sedangkan bila gambar terlalu lebar,
jika terpasang 470nf 200 volt di ganti dengan nilai 640nf 200 volt

Bisa juga dengan memakai trafo matching









sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment