Tuesday, February 2, 2016

TELEVISI TOSHIBA 29G6DC Gambar Menyempit


Kerusakan:
Televisi Toshiba jika kita hidupkan terlihat gambar pada layar monitor hanya beberapa centimeter saja/ tidak penuh. Bagian bawah serta bagian atas hitam, hanya ada gambar pada bagian tengah-tengah saja.

Model televisi Toshiba :

model-Televisi-Toshiba-29G6DC-300x225




Perbaikan:
Untuk memperbaiki ini kita adakan pemeriksaan hanya pada bagian rangkaian vertikal-nya saja, dan secara kasat mata untuk type televisi ini biasa bisa dilihat dengan jelas dimana letak kerusakannya. Sebelum kita lanjutkan tampilan mainboard vertikal area bisa dilihat pada gambar berikut :

vertikal-area-mainboard-televisi-toshiba-29G6DC-300x225

Pada bagian ini bisa dilihat ada 2 buah capasitor yaitu ukuran 1uf/50 volt dan 220uf/50 volt yang mengalami kebocoran dan itu bisa dilihat dengan tanda minyak yang menempel di PCB-nya. Posisi di mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut :

capasitor-1-uf50-volt-dan-capasitor-220uf.50-volt-vertikal-area-televisi-Toshiba-29G6DC-300x225

Dan ada satu lagi capasitor yang bocor yaitu nilai 2,2 uf/50 volt dan ini berada di dekat Ic TA8859 , untuk lebih jelas bisa kita lihat gambar berikut :

capasitor-22-uf50-volt-vertikal-control-televisi-toshiba-29G6DC-300x225

Semua capasitor yang mengalami kebocoran kita lepaskan dari PCB dan langsung kita pasangkan capasitor baru , perhatikan kutub capasitor dalam pemasangan di PCB samakan jangan sampai salah. Kini kita coba hidupkan televisi Toshiba dan hasilnya Alhamdulillah gambar pada layar monitor sudah kembali normal, tidak nyusut lagi.

Selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk televisi Toshiba yang mengalami penyusutan gambar dan kini sudah bisa dinikmati kembali dengan hasil gambar seperti awalnya.






sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment