Monday, February 15, 2016

KUMPARAN DEGAUSSING PADA TELEVISI



Kumparan degaussing televisi

Apa sih fungsinya untuk televisi ? berikut ini kita beri sedikit kilasannya.

Televisi yang menggunakan kumparan degaussing pada umumnya karena memakai Cathode ray tube / CRT, penggunaan degaussing disini untuk menghilangkan efek magnit yang timbul pada CRT tersebut. Mungkin kita pernah melihat di pojok kiri atau kanan layar monitor timbul warna yang tidak semestinya, kadang warna merah, biru atau mungkin hijau. Hal ini bisa disebabkan tidak berfungsinya kumparan goussing atau mungkin bisa karena faktor lain.

Komponen utama dalam sistem goussing adalah PTC/positive temperature coefficient , posisi pada mainboard televisi selalu berada diurutan terdepan setelah switch master. Model PTC terbagi menjadi 2 yaitu 2 kaki dan 3 kaki, secara umum yang sering dipergunakan adalah 3 kaki. PTC adalah semacam resistor dimana pada kondisi dingin mempunyai hambatan yang kecil apabila sudah panas nilai hambatannya akan membesar.

Nilai PTC bervariasi ada yang 9-12-18 ohm tergantung bawaan televisi, dengan nilai hambatan yang kecil terkadang bila kita mempunyai daya listrik 450 watt ketika kita hidupkan televisi listrik langsung jepret/ turun. Sistem degaussing inilah yang menyebabkannya , kumparan degaussing membutuhkan daya besar walaupun hanya hitungan detik, setelahnya langsung kembali normal.

Posisi kumparan pada CRT bisa kita lihat pada gambar berikut :

kumparan-degoussing-televisi-225x300

Kiat untuk meredam tegangan kejut dari kumparan degaussing supaya listrik tidak jepret/turun ketika kita hidupkan televisi adalah dengan menggunakan Resistor 10 ohm/ 15 watt yang kita pasangkan secara seri pada kaki PTC. Untuk lebih mudah kita pasangkan setelah Fuses yang ada pada mainboard televisi-nya.

Jika PTC dalam kondisi normal tapi tetap saja efek pelangi di layar monitor masih ada mungkin kita bisa adakan perubahan posisi Yoke, caranya dengan memajukannya . Biasanya Yoke selalu dilengkapi dengan bantalan karet untuk penyangga, mungkin bisa kita tiadakan penyangga tersebut dan memajukan posisi Yoke.

Hanya itulah sekilas informasi tentang degaussing televisi, semoga bermanfaat









sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment