Saturday, February 6, 2016

Kerusakan Tv Mitsuno

TELEVISI MITSUNO GT2128 PENERIMAAN TROUBLE
Kerusakan:
Televisi Mitsuno jika kita hidupkan tampak gambar pada monitor dalam kondisi normal, tapi tak lama kemudian gambar mulai hilang-hilangan dan akhirnya cuma terlihat blue screen.

Model televisi Mitsono :

Televisi-Mitsuno-GT2128-300x225


Perbaikan:
Sistem penerimaan televisi memang kerap kali mengalami gangguan yang seperti ini, tidak model lama maupun model baru. Untuk memperbaiki ini poinnya ada pada komponen Coil, dimana coil ini yang mengunci frekuensi untuk sistem penerimaan. Jika terjadi perubahan frekuensi dampaknya akan seperti yang terjadi pada televisi yang sedang kita coba perbaiki.

Tidak semua mainboard televisi dilengkapi dengan coil untuk mengunci frekuensi penerimaan karena sudah banyak yang menggunakan sistem onboard dalam Ic Chipset-nya. Televisi Mitsuno menggunakan coil type ST6028 dan memungkinkan untuk dilakukan setting ulang, cuma melakukan ini tidak akan berdampak lama. Sistem penerimaan pastinya akan kembali seperti semula, langkah perbaikannya adalah mengganti coil tersebut dan untuk ini kita bisa gunakan type 6019.

Tampilan coil televisi Mitsuno :

Coil-penerimaan-televisi-Mitsono-300x225

Tampilan coil pengganti :

coil-pengganti-penerimaan-televisi-Mitsuno-300x225

Posisi coil pada mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut :

coil-penerimaan-di-mainboard-televisi-Mitsuno-300x225

Kini kita lihat hasil dari perbaikan yang telah kita lakukan, kita hidupkan televisi-nya ? Hasilnya alhamdulillah sistem penerimaan sudah kembali normal. Untuk lebih memastikannya bisa kita coba buka menu ,aktifkan search manual dan geser jika setelah gambar muncul proses search berhenti maka sudah bisa kita pastikan frekuensi penerimaan sudah pas.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment