Sunday, February 28, 2016

Kerusakan Tv Fuji Electric

TELEVISI FUJI ELECTRIC FGH2130S-1 PENERIMAAN TROUBLE
Kerusakan:
Televisi fuji electric mengalami permasalahan pada bagian penerimaan, hanya beberapa kanal gelombang yang dapat diterima .






Perbaikan:
Sistem penerimaan televisi selalu menggunakan Tuner , dalam kasus kali ini yang hendak saya perbaiki apakah tuner masuk dalam urutan komponen yang mengalami kerusakan. Saya coba urut dari permulaan ,untuk mengetahui penyebab utama kerusakan. Berikut tahap-tahap-nya :

Pertama saya ukur tegangan 33 volt dari power supply tegangan 115 volt yang telah di seri dengan resistor 10k , ini sangat penting karena dari sini penalaan akan bisa dikerjakan. Hasil dari pengukuran adalah positif, disini hanya terukur tegangan 10 volt. Komponen apakah yang membuat tegangan drop? saya coba ukur dioda zener type u574 , hasilnya negatif/masih bagus. Hanya satu yang belum kita cek yaitu Resistor 10K? dan hasil pengukuran kita dapatkan positif, Resistor mengalami perubahan nilai.




Segera diadakan penggantian resistor 1ok ohm, saya gunakan nilai 8K2 ohm/2watt . Setelah resistor 8k2 ohm terpasang saya coba hidupkan televisi dan hasil pengukuran , tegangan 33 volt sudah normal. Saya coba scan otomatis untuk melihat apakah sistem penerimaan sudah kembali normal, Hasilnya tetap seperti semula hanya 4 kanal yang dapat diterima. Rupanya masih ada penyebab kedua selain resistor sehingga permasalahan belum dapat teratasi.

Pemeriksaan lanjutan saya tujukan di tuner, seharusnya jika tegangan supply ke ( VT ) normal maka tuner dapat menangkap siaran dengan baik/ maksudnya komplit. Dalam proses scan berjalan saya ukur pada kaki ( VT ) Tuner , tegangan hanya terukur 0 sampai 17 volt. Hasil pengukuran tersebut memastikan kondisi tuner sudah tidak normal, ada komponen yang rusak didalamnya. Tegangan supply  ( VT ) tuner seharusnya adalah 0 sampai 30 volt dalam proses auto scan, jadi sudah jelas penyebab kedua-nya.




Tuner pengganti saya gunakan type TECC0985VA14A(K),





Setelah selesai pemasangan tuner baru, hidupkan televisi dan buka menu aktifkan auto scan? Setelah nunggu sesaat hasilnya alhamdulillah sistem penerimaan sudah kembali normal, semua siaran televisi sudah dapat diterima kembali dengan baik.










sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment