Wednesday, February 24, 2016

Berbagai Kerusakan Tv Toshiba

HAL.2

34. TELEVISI TOSHIBA 21N7XE LAMPU INDIKATOR HIDUP TAPI TIDAK ADA GAMBAR
Kerusakan:
Televisi Toshiba jika kita hidupkan cuma terlihat lampu indikator saja yang menyala, sedangkan pada layar monitor tidak ada tampilan sama sekali.






Perbaikan:
Televisi ini jika kita hidupkan lampu indikatornya menyala, jadi power supply masih berfungsi . Untuk memperbaiki ini pemeriksaan kita mulai dengan melihat kondisi fuses/ sikring, karena pada mainboard televisi Toshiba memang ada fuses. Fuses yang kita maksud ada pada bagian output power supply-nya, dan hasilnya memang fuses dalam keadaan putus.



Jika fuses sampai putus pastinya ada komponen yang mengalami kerusakan, segera kita adakan pemeriksaan lebih lanjut. Paling awal kita cek transistor horizontal ? hasil masih bagus selanjutnya kita cek output playback untuk supply tegangan ke mainboard. Titik awal pada dioda untuk tegangan supply ke vertikal? hasilnya Dioda masih dalam keadaan baik. Berikutnya dioda untuk supply tegangan ke RGB ? hasilnya positif, jadi inilah yang membuat fuses menjadi putus.

Segera kita adakan penggantian Dioda, dan setelahnya baru kita pasangkan fuses baru.



Sekarang kita coba hidupkan televisi-nya? hasilnya alhamdulillah televisi sudah hidup kembali. Sekedar tambahan karena televisi sudah rada lama jadi kita adakan solder ulang pada bagian RGB supaya tidak timbul masalah baru.


35. TELEVISI TOSHIBA 34SZ8UE WARNA TROUBLE
Kerusakan:
Televisi Toshiba 34SZ8UE mengalami kerusakan pada bagian warna, untuk gambar dan suara dalam keadaan normal. Warna yang ditampilkan terlihat dominan hijau, untuk warna biru terlihat samar-samar seperti kita rubah sistem color-nya.





Perbaikan:
Untuk kasus seperti ini langkah awal yang harus kita periksa ada pada bagian chroma, televisi ini memakai sistem digital. Chroma pada televisi ini sudah dikemas dalam satu modul jadi untuk melakukan perbaikan mesti kita lepaskan dahulu dari mainboard-nya. Pertolongan pertama untuk kasus kerusakan chroma dengan melakukan solder ulang pada bagian chipset-nya. Hal ini sangat kita anjurkan mengingat temperatur Ic yang cukup tinggi berdampak dengan terlepasnya timah solder pada Ic chipset.





Setelah modul chroma kita lepaskan selanjutnya kita adakan resolder dengan menggunakan solder uap. Temperatur kita gunakan pada level 300 derajat dengan besar angin level 3, sebelumnya chipset kita berikan cairan losffett secukupnya. Saatnya proses pemanasan selama 5 menit dengan cara searah jarum jam, setelah selesai kita diamkan selama 15 menit supaya temperatur kembali normal.

Pada Ic chipset chroma tidak dilengkapi dengan pendingin, sebaiknya kita tambahkan supaya ada pembuangan panas dari badan Ic chipset-nya. Kita gunakan alumunium sesuai dengan ukuran chipset dan tempelkan dengan lem power glue. Kini kita pasangkan kembali modul chroma ke mainboard-nya dan selanjutnya kita adakan pengetesan.

Kita coba hidupkan televisi Toshiba-nya ? Tunggu sebentar dan hasilnya Alhamdulillah sistem warna sudah kembali normal.

Tips ” Jika proses resolder gagal hasil yang kita dapatkan akan seperti semula yaitu warna tetap dalam kondisi awal, langkah pertolongannya hanya dengan mengganti modul chtoma dengan yang baru. Untuk mendapatkan modul chroma pengganti sangatlah sulit, kita hanya bisa beli dari luar karena untuk indonesia tidak tersedia.

















sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment