Sunday, February 21, 2016

Berbagai Kerusakan Tv Sanyo

HAL. 2
37. TELEVISI SANYO CG21KS22K MATI-TOTAL
Kerusakan:
Televisi Sanyo jika kita coba hidupkan tidak ada tampilan sama sekali pada layar monitor-nya, lampu indikator panel juga tidak menyala.

Model televisi Sanyo :

Televisi-Sanyo-CG21KS22K-300x225



Perbaikan:
Kondisi televisi Sanyo dalam keadaan matot/ mati-total, untuk memperbaiki ini langkah awal kita coba periksa rangkaian power supply-nya. Ini adalah rangkaian inti dari mainboard televisi, dari sini semua rangkaian dapat bekerja karena mendapat catu daya dari power supply. Fuses/sikring yang paling dahulu kita lihat dan ukur bila perlu, disini kita melihat fuses masih terhubung /tidak putus. Untuk mempercepat proses pemeriksaan kita coba masukkan aliran listrik ke power supply?

Setelah terhubung kita adakan pengukuran pada kaki capasitor filter tegangan 300 volt ? Hasilnya kita tidak melihat adanya tegangan masuk di capasitor, pada multitester angka penunjukan ada pada posisi o volt. Berarti aliran listrik tidak masuk kesini, sehingga tegangan tidak masuk ke dalam rangkaian power supply. Komponen terkait selain putusnya fuses yang dapat membuat aliran listrik tidak masuk adalah Switch Master.

Segera kita ukur dengan multitester switch master-nya ? dalam kondisi on kita hubungkan ke dua prob multitester pada kaki switch master,hasilnya positif switch dalam keadaan rusak. Batas ukur multitester bisa gunakan x1 atau x10 pilh saja . Model switch master televisi sanyo bisa kita lihat pada gambar berikut :

switch-master-televisi-sanyo-300x225

Untuk memperbaiki ini segera kita adakan penggantian switch master-nya, karena kita lagi tidak ada stok model ini maka kita pergunakan model lain. Tampak switch master pengganti setelah terpasang pada mainboard ada pada gambar berikut :

Switch-master-pengganti-televisi-Sanyo-300x225

Dalam pemasangan switch pengganti mesti kita modif sedikit, disini kita gunakan kabel email untuk jumper dan lem untuk menempelkan switch ke mainboard. Setelah selesai pemasangan switch kini kita coba hidupkan televisi ? tekan tombol power dan hasilnya alhamdulillah televisi Sanyo sudah kembali hidup

38. TELEVISI SANYO CG14KX2 MATI-TOTAL
Kerusakan:
Televisi Sanyo jika kita hidupkan tidak ada tanda-tanda kehidupan, ini kita lihat dari lampu indikator pada panel yang tidak menyala.

Model televisi Sanyo :

Televisi-Sanyo-CG14KX2-300x2251



Perbaikan:
Kita mulai perbaikan dengan memeriksa rangkaian power supply, titik awal pada bagian fuses/sikring. Disini kita melihat kondisi fuses masih dalam keadaan terhubung/ tidak putus, maka selanjutnya kita adakan pengukuran pada kaki Capasitor 100uf/450volt. Pada capasitor ini jika aliran listrik masuk maka akan terukur dengan multitester tegangan sebesar 300 volt. Hasil dari pengukuran kita temukan tidak ada masalah pada bagian ini.

Secara keseluruhan komponen yang ada pada rangkaian power supply masih dalam keadaan bagus, dengan hasil ini maka tahap selanjutnya kita adakan pemeriksaan dibagian sekunder. Titik awal kita alamatkan pada output terbesar yaitu 120 volt, pada bagian ini biasanya terhubung ke playback. Kita gunakan multitester dengan batas ukur X10 tempelkan prob hitam pada kaki B+ dan prob merah pada kaki Ground.

Hasil pengukuran kita dapatkan dalam keadaan shot, untuk mengetahui penyebabnya maka segera kita lepaskan transistor horizontal-nya dengan type 2SD2634. Setelah terlepas dari mainboard langsung kita adakan pengukuran kembali ? kini hasilnya sudah tidak shot, jadi sudah jelas transistor horizontal sebagai penyebab kerusakan televisi ini. Tampilan transistor horizontal-nya bisa kita lihat pada gambar berikut:

Transistor-horizontal-televisi-sanyo-300x225

Kini kita pasangkan transistor horizontal yang baru, disini kita gunakan type 2SD2253. Setelah selesai saatnya kita coba kembali hidupkan televisi? hasilnya alhamdulilah televisi sudah kembali hidup.

39. TELEVISI SANYO CG21YS2 SUARA TROUBLE
Kerusakan:
Televisi Sanyo jika kita hidupkan semuanya tampak normal-normal saja, gambar dan suara dalam keadaan bagus. Permasalahan mulai timbul ketika sudah beberapa jam televisi kita hidupkan , timbul suara storing di speaker-nya persisnya seperti ada jalur yang konslet.

Model televisi Sanyo :

model-Televisi-Sanyo-CG21YS2-300x225



Perbaikan:
Permasalahan seperti ini agak sulit di prediksi mengingat terjadinya setelah agak lama televisi kita hidupkan, poin-nya adalah suhu. Suhu yang semakin memanas setelah beberapa jam televisi kita hidupkan menjadikan menurunnya kinerja komponen yang ada di mainboard. Suara yang dihasilkan pada televisi ini memang tidak terganggu, masih berfungsi seperti biasa cuma terkadang ada tambahan bunyi secara dadakkan/ tok-tok.

Hal ini tentunya sangat menggangu, untuk mengetahui secara persis komponen yang mengalami gangguan maka kita coba memeriksa IC LV1116. IC ini berfungsi sebagai pre amp serta volume control, dan terhubung langsung ke input power amplifier-nya. Secara akurat kita tidak bisa mengukur pinout IC-nya karena jika ukur terlihat dalam keadaan normal-normal saja,

Langkah pemeriksaan hanya dengan merasakan panas yang dihasilkan dari kerja IC LV1116, awal masih dalam kondisi dingin setelah beberapa jam suhu mulai naik.Rupanya memang akibat suhu semakin panas menjadikan terganggu-nya kerja IC LV1116, penggantian IC LV1116 segera kita lakukan.

Tampilan IC LV1116 di mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut :

ic-lv1116-mainboard-televisi-Sanyo-CG21YS2-300x225

Pada gambar diatas setelah kita adakan penggantian IC LV1116, untuk melepaskan IC ini kita gunakan solder uap karena adanya lem pada body IC yang membuat susah untuk dilepaskan dengan solder biasa. Sedangkan untuk memasangkannya sebaiknya kita gunakan solder biasa, yang sebelumnya sudah kita berikan caiaran losfett.

Kini kita coba kembali hidupkan televisi Sanyo-nya dan kita diamkan selama 2 jam, Alhamdulillah storing yang suka timbul kini sudah tidak terdengar lagi.
















sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment