Sunday, February 21, 2016

Berbagai Kerusakan Tv Samsung

HAL. 2
35. TELEVISI SAMSUNG CS20H4ST MATI-TOTAL
Perbaikan:
Televisi Samsung jika kita hidupkan , sama sekali tidak ada tampilan pada layar monitor-nya dan lampu indikator juga tidak menyala.

Model televisi Samsung :

Televisi-Samsung-CS20H4ST-300x225





Perbaikan:
Kondisi mati-total bisa disebabkan oleh banyak asfek, untuk tahap awal pemeriksaan selalu kita mulai pada rangkaian power supply. Rangkaian power supply pada televisi ini menggunakan IC sebagai media utama-nya, kita adakan pengukuran pada capasitor untuk filter tegangan 300 volt. Lalu kita adakan pengukuran pada dioda zener untuk supply tegangan B-up IC Switching, dari keduanya kita dapatkan masih dalam keadaan normal.

Pemeriksaan kita lanjutkan pada bagian sekunder power supply, dari sini terhubung ke rangkaian penerimaan serta control untuk televisi. Kanal B+ dengan nominal 125 volt kita utamakan untuk diperiksa terlebih dahulu, tanpa kita hidupkan televisi cukup dengan memeriksa transistor horizontal atau mungkin lepaskan langsung untuk koneksi ke playback. Kita gunakan multitester dengan batas ukur X10 dan tempelkan prob hitam pada B+ sedangkan prob merah pada ground.

Hasil kita dapatkan semua juga masih bagus, tidak ada komponen yang shot. 2 poin sudah kita lakukan pemeriksaan jadi tinggal output power supply untuk bagian control yang belum kita periksa. Pada bagian ini menggunakan ic sebagai regulatornya type KA7632, apakah ic ini mengalami kerusakan? untuk mengetahui secara persis kita coba hidupkan televisi-nya, dan kita adakan pengukuran pada tegangan input untuk ic.

Terlihat pada multitester tegangan input masuk, dan yang tidak ada adalah tegangan output dari ic tersebut. Hal ini ternyata disebabkan karena timah solder yang tidak terhubung, sehingga tegangan supply untuk ke IC chipset tidak masuk dan menjadikan televisi mati-total. Perbaikan untuk ini hanya dengan menyolder ulang pada IC KA7632, tampilan pada mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut:

IC-KA7632-Regulator-televis-300x225

Selesai kita solder ulang IC regulator-nya kini saatnya kita coba kembali hidupkan televisi ? Hasilnya alhamdulillah televisi Samsung sudah kembali hidup.


36. TELEVISI SAMSUNG CS21F3MJ TIDAK ADA GAMBAR
Kerusakan:
Televisi Samsung jika kita hidupkan terlihat lampu indikator menyala, sesaat lampu indikator mati kita hanya mendengar suara dari dalam televisi/bukan dari speaker. Pada layar monitor televisi kita tidak melihat tampilan apa-apa/ gelap .

Model televisi Samsung :

Televisi-Samsung-CS21F3MJ-300x2251



Perbaikan:
Pada awal kita hidupkan televisi kit melihat lampu indikatornya menyala sesaat lalu mati, dari sini bisa kita pastikan power supply masih dalam kondisi bagus. Sistem indikator televisi Samsung memang demikian, nyala sebentar lalu mati. Matinya lampu indikator adalah kode bahwa setelahnya televisi harus hidup. Suara yang dikeluarkan dari televisi berasal dari mana kira-kira ya ? untuk mengetahui segera kita buka casing belakang televisi-nya.

Setelah terbuka barulah kita tes lagi hidupkan televisi,dan hasilnya ternyata suara berasal dari playback. Kita coba lepaskan kop karet yang menempel ke CRT dan kita adakan pengukuran dengan multitester, batas ukur kita gunakan 10K . Tempelkan prob hitam pada ground mainboard sedangkan prob merah pada kabel hv playback? Hasilnya posistif playback sudah dalam kondisi shot.

Type playback untuk mainboard ini adalah FOK14A001 ,dan segera kita adakan penggantian. Setelah playback baru terpasang kini kita coba kembali hidupkan televisi ? Hasilnya alhamdulillah televisi samsung sudah kembali hidup.

Kode playback Samsung :

kode-playback-televisi-samsung-225x3001


37. TELEVISI SAMSUNG CS20F10 TIDAK KELUAR GAMBAR
Perbaikan:
Televisi Samsung kita coba hidupkan, terlihat lampu indikator menyala ? Sesaat kemudian lampu indikator mati dan pada layar monitor tidak ada tampilan sama sekali.

Model televisi Samsung :

Televisi-Samsung-CS20F10-300x225



Perbaikan:
Pemeriksaan kita mulai dengan mengukur di beberapa titik di mainboard, diantaranya pada bagian B+ untuk playback serta B+ untuk rangkaian logic dan lain-lainnya. Dari hasil pengukuran kita dapatkan hasil semuanya dalam keadaan normal, berarti power supply masih dalam keadaan baik. Tahap selanjutnya kita adakan pengukuran dibagian regulator untuk chipset televisi, tegangan untuk ini bernilai 3,3 volt.

Dan hasil pengukuran juga normal, hampir di semua titik tegangan supply tidak ada yang mencurigakan. Jadi kita beralih mengadakan pemeriksaan di bagian chipset, karena hanya pada bagian ini yang belum kita periksa. Mainboard televisi Samsung dilengkapi dengan teks untuk setiap pinout IC Chipset, jadi kita coba urut.

Poin paling awal yang kita ukur pada fungsi H out yang berada pada kaki 33 disini masih terukur normal tegangan keluarannya. Maka selanjutnya kita adakan pengukuran pada kaki 34, disini yang agak mencurigakan karena tegangan berada di level 4,5 volt. Segera kita urut jalur kira-kira larinya kebagian mana, akhirnya kita ketahui titik awalnya berada dari Capasitor . Posisi capasitor berada di bagian colector playback, dengan kapasitas 680pf/2kv.

Tampilan capasitor-nya bisa kita lihat pada gambar berikut :

capasitor-680pf2kv-300x2251

Secara fisik memang terlihat baik tapi ternyata setelah kita adakan pengukuran, kita dapatkan hasil 10 Mega?. Jadi jelas sudah capasitor inilah sebagai penyebab kerusakan pada televisi ini, Segera kita siapkan pengganti dan langsung kita pasangkan pada mainboard. Posisi capasitor yang kita maksud bisa dilihat pada gambar berikut :

capasitor-televisi-Samsung-2-300x225

Setelah selesai kita pasangkan capasitor baru, kini tinggal kita adakan pengetesan. Kita coba hidupkan televisi tunggu sesaat ? Hasilnya Alhamdulillah televisi Samsung sudah kembali hidup, gambar sudah tampak pada layar monitor-nya.














sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment