Monday, February 1, 2016

Berbagai Kerusakan Tv Advance

1. TELEVISI ADVANCE 29 INC GAMBAR MERAH
Kerusakan:
Televisi Advance jika kita hidupkan tampilan gambar pada layar monitornya merah semuanya , terkadang jika sudah lama televisi dihidupkan suka kembali normal warnanya.

Tampilan belakang televisi Advance :

tampak-belakang-televisi-advance-300x225



Perbaikan:
Permasalahan warna yang menjadi merah semuanya itu bisa disebabkan oleh timah solder yang retak sehingga antara kaki komponen transistor dengan jalur tembaga yang ada di PCB menjadi terlepas. Jadi pemeriksaan untuk ini kita lihat timah solder poin paling utama, dan hasil penglihatan memang benar timah dalam kondisi retak.

Perbaikan tentunya tinggal kita adakan penyolderan ulang tepatnya pada rangkaian RGB, letak keretakkan timah solder ada pada kaki-kaki transistor . Tampilan rangkaian RGB bisa dilihat pada gambar berikut :

rangkaian-RGB-televisi-advance-300x225

Sebelum kita coba hidupkan televisi advance-nya untuk melihat tampilan gambar setelah kita adakan solder ulang rangkaian RGB sebaiknya kita lihat beberapa komponen yang lain . Komponen yang terkait dan memang rentan terjadi kerusakan adalah capasitor untuk filter tegangan power supply. Dan disini secara fisik sudah terlihat tanpa diperlukan pengukuran, ada 2 buah capasitor dengan kapasitas 1000 uf/50 volt untuk filter tegangan 24 volt serta tegangan 12 volt. Kita adakan penggantian untuk ke dua capasitor tersebut.

Kini setelah semuanya selesai barulah kita hidupkan televisi Advance-nya dan hasilnya Alhamdulillah tampilan gambar telah kembali pulih tidak merah lagi. Itulah sekilas perbaikan yang kita lakukkan untuk televisi Advance dengan tampilan gambar merah semuanya, semoga bisa bermanfaat.



2. Tv Advance Tegangannya Drop
Kerusakan:
Televisi kita nyalakan kadang gambar muncul pada monitor dengan kondisi agak bergetar. Terkadang juga Televisi tidak mau hidup, cuma lampu indikator saja yang menyala.

Perbaikan:
Mainboard televisi merk Cina memang sering mengalami trouble pada power supply tapi tidak semuanya ada sebagian lain yang bagus. Pernahkah kita lihat adanya lem yang dilekatkan pada komponen tertentu pada mainboard Televisi? jika pernah melihatnya, coba di perhatikan dengan teliti. bila lem menempel pada komponen trimpot, cobalah diukur nilai hambatannya, apakah masih sama/ bagus.

Dalam kasus kali ini menemui kerusakan pada trimpot, dengan nilai 2k Ω . Pada gambar berikut bisa dilihat trimpot yang diberi lem:

Trimpot

Tujuannya memang bagus, diberi lem supaya tegangan output tidak berubah tapi dalam kenyataannya justru lem inilah yang menjadi sebab terjadinya kerusakan pada televisi. Kasus seperti ini sering terjadi pada Televisi merk Advance.
Karena penyebabnya sudah kita ketahui maka kita tinggal mengganti trimpot 2k?-nya, disini kita mengganti dengan nilai 1k? supaya batas ukur lebih mudah diatur. Maksudnya adalah kita pasang dengan posisi stelan trimpot di tengah-tengah tegangan yang dikeluarkan power supply sudah berada di 115 volt

Sebelum kita menghidupkan televisi sebaiknya B+ ke Playback dilepas terlebih dahulu, setelah dilepas nyalakan Televisi dan ukur tegangan output yang bernilai 115 volt jika sudah benar barulah kita pasangkan kembali B+nya. Saatnya untuk mencoba ? Alhamdulillah televisi sudah kembali normal.










sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment