Sunday, January 24, 2016

TV TOSHIBA 21G3XHE GAMBAR PENDEK


Kerusakan:
Televisi Toshiba jika kita coba hidupkan terlihat tampilan gambar pada layar monitor tidak penuh/ pendek sekitar 20 cm namun jika sudah agak lama televisinya hidup gambar terlihat agak naik sedikit.

Model televisi Toshiba :

model-Televisi-Toshiba-21G3XHE-300x2251



Perbaikan:
Gambar yang tidak penuh/ pendek itu berada pada bagian sistem pengaturan vertikal dalam hal ini V-size, dan secara umum biasanya dapat terlihat kasat mata komponen yang mengalami kerusakan dalam hal ini komponen yang kita maksud adalah Capasitor. Televisi Toshiba ini menggunakan Ic vertikal type Ta 8403 K dan setelah kita perhatikan tidak terlihat capasitor yang mengalami kerusakan secara fisik.

Untuk mencoba memperbaiki maka kita coba adakan penggantian capasitor 1 uf/50 volt untuk feedback ke Ic Chroma dan hasilnya tetap sama seperti semula,maka tahap selanjutnya kita adakan pengurutan jalur kira-kira kemana jalur dari capasitor untuk feedback sistem vertikal, maksudnya ada pada pin berapa jalur tersebut terhubung. Mainboard televisi ini menggunakan Ic TB1231CN dan setelah kita selidiki pin feedback ada pada no 23 . Maka untuk memperbaiki ini kita coba adakan penggantian Capasitor lagi dengan nilai yang sama yaitu 1uf.50 volt.

Tapi kali ini posisinya ada pada pin no 22 ic TB1231CN yaitu untuk fungsi RAMP Vertikal, yang secara posisi ada pada bagian bawah PCB dan setelahnya kita coba hidupkan televisi Toshiba-nya ? Hasilnya alhamdulillah tampilan gambar televisi Toshiba telah kembali normal.

Posisi capasitor feedback bisa dilihat pada gambar berikut :

capasitor feedback vertikal mainboard televisi toshiba

Pin RAMP ic TB1231CN bisa dilihat pada gambar berikut :

capasitor-feedback-vertikal-mainboard-televisi-toshiba-300x2251

Selesai sudah perbaikan untuk televisi Toshiba ini, alhamdulillah








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment