Monday, January 4, 2016

TV SHARP 20R200 INDIKATOR KEDIP-KEDIP


Kerusakan:
Televisi Sharp 20R200 jika kita hidupkan telihat lampu indikator berkedip-kedip dari warna hijau ke merah, di layar monitor sama sekali tidak ada tampilan.

Perbaikan:
Pemeriksaan awal kita lakukan dibagian sistem protek, disini ada transistor yang berfungsi karena tidak stabilnya sistem regulator tegangan 8 volt. Kita coba lepaskan dan kita coba hidupkan televisinya ? Hasilnya tetap sama lampu indikator kedap-kedip. Kita lakukan pengukuran dari tegangan yang paling kecil ke tegangan yang paling besar, hasilnya semua terukur normal. Jadi kira-kira apa yang membuatnya seperti ini ? Dari keterangan yang punya televisi , kendalanya adalah susah menangkap siaran terkadang mau tapi terkadang juga tidak mau.

Jadi kita coba periksa Tuner, kita coba ukur tegangan yang ada di kaki Tuner dalam kondisi televisi hidup yang poinnya :

1 AGC

2 VT Output

3 Ground

4 SCL

5 SDA

6 B+ 9 Volt

7 B+ 5 Volt

8 B+ 33 Volt

9 Nc

10 If out

Tampilan Tuner-nya :

Tuner televisi sharp

Hasil pengukuran untuk semua poin adalah normal, maksudnya tegangan dalam keadaan tersedia. Langkah selanjutnya kita coba cabut Tuner dari Mainboard dan kita hidupkan televisi ? Hasilnya lampu indikator tetap kedap-kedip, jadi semakin jelas bahwa Tuner yang menjadi penyebab utama kerusakan. Segera kita lakukan penggantian, disini kita coba gunakan Tuner bawaan Mainboard televisi LG . Mesti ada perubahan sedikit yaitu meniadakan tegangan B+ 9 volt dan menggantikannya dengan B+ 5 volt.



Poin no 6 kalau dilihat dari kaki Tuner, cukup lepaskan tegangan supply 9 Volt yang mengarah ke Tuner dan kita jumper langsung dari kaki Tuner no 7. Setelah selesai kita coba hidupkan televisi ? Hasilnya Alhamdulillah televisi Sharp sudah bisa hidup kembali. Dari sekian kerusakan yang kita temui baru kali ini yang seperti ini, sistem control televisi mengadopsi sistem feedback. Alhamdulillah semuanya dapat teratasi dengan baik, selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk televisi ini.






sumber:

No comments:

Post a Comment