Tuesday, January 26, 2016

TV SANYO CG21YS2 TIDAK ADA GAMBAR


Kerusakan:
Televisi Sanyo jika kita hidupkan cuma terlihat lampu indikatornya saja yang menyala, pada layar monitor sama sekali tidal ada gambar yang dikeluarkan apalagi suaranya.

Model televisi Sanyo :

model-Televisi-Sanyo-CG21YS2-300x225



Perbaikan:
Untuk memperbaiki kerusakan seperti ini langkah pertama kita mulai dengan memeriksa tegangan B+ yang dalam kondisi normal adalah 125 volt. Dalam pengukuran dengan multitester kita dapatkan tegangan mengalami drop, itu terlihat ketika televisi mau hidup/ start-up. Dengan tegangan awal yang terlihat normal itu bisa memastikan kita transistor horizontal masih dalam kondisi bagus, jadi kemungkinan kerusakan ada komponen lain dimana masih di area horizontal.

Satu-persatu kita adakan pemeriksaan dari komponen capasitor area colector playback sampai dengan dioda recovery, hasil pemeriksaan semuanya masih dalam kondisi bagus. Jadi cuma satu yang belum kita periksa adalah playback, dan memang benar setelah kita coba lepaskan dari CRT kabel output HV-nya tidak terlihat percikan tegangan sisanya.

Segera kita lepaskan playback dari mainboard untuk memasangkan playback baru, ada kesulitan disini dimana kita tidak menemukan type playback sejenis/ sama jadi kita coba memakai type lain. Model asli playbacknya bisa dilihat pada gambar berikut :

Playback-BSC-27-7601S-300x225

Type playback Sanyo varian sebelumnya sebagai playback pengganti bisa kita lihat pada gambar berikut :

Playback-L40B15300-300x225

Hasil setelah kita pasangkan dan kita lakukan pengetesan kita dapatkan televisi mau hidup cuma terlihat tampilan gambarnya melebar pada semua bagian horizontal maupun vertikal. Kita coba untuk setting ulang melalui mode servis tetap tidak membawa hasil, hanya ada perubahan sedikit. Untuk mengatasi ini kita pakai cara lain yaitu dengan mengganti capasitor defleksi horizontal output, pada bawaan mainboard memakai nilai 390nf/400 volt dan kita ganti dengan nilai yang lebih besar yaitu 680nf/400 volt.

Kini setelah capasitor kita ganti alhamdulillah televisi Sanyo sudah kembali normal tampilan gambarnya, adapun untuk membuka mode servis kita gunakan remote tekan tombol menu lalu tekan volume up di panel televisi. Setelah terbuka bisa gunakan tombol sleep dan mute untuk memilih option dan volume up dan down untuk merubah paramater option-nya.






sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment