Saturday, January 16, 2016

TV SANYO CG20KX1 GAMBAR GARIS MENDATAR


Kerusakan:
Televisi Sanyo CG20KX1 jika kita coba hidupkan cuma terlihat garis vertikal pada layar monitornya, suara sama sekali juga tidak keluar dari speakernya. Jika kita pindahkan chanel terlihat kedip sesaat dan tampil lagi garis vertikalnya.

Model televisi Sanyo :

model televisi sanyo



Perbaikan:
Tampilan hanya garis vertikal yang terjadi pada televisi biasanya secara umum disebabkan adanya kerusakan di Ic Vertikal . Televisi sanyo menggunakan Ic vertikal type LA78040B dan untuk memastikan apakah Ic memang rusak kita lakukan pengukuran. Poin awal kita periksa apakah tegangan supply 24 volt , tegangan ini sebagai sumber utama untuk Ic LA78040B supaya bisa beroperasi/ bekerja.

Hasil yang kita dapatkan tegangan 24 volt dalam kondisi normal, langkah selanjutnya kita lakukan pengukuran pada bagian Vertikal out letaknya pada soket Yoke defleksi yang ada di mainboard. Disini kita dapatkan tegangan sebesar 6 volt, jauh dari yang semestinya yang seharusnya 12-13 volt . Kita lanjut ke bagian tegangan B-up Ic vertikal dimana tegangan ini di supply dari tegangan 8 volt. Dan hasilnya kita dapatkan hanya ada 4,5 volt, jadi letak permasalahan ada pada bagian regulator.

Langsung kita cek bagian regulator dan hasilnya ternyata timah solder retak, dengan kejadian ini Colector transistor tidak mendapatkan tegangan sehingga proses penstabilan menjadi tidak beroperasi. Posisi transistor yang kita maksud bisa dilihat pada gambar berikut :

regulator televisi sanyo

Segera kita lakukan solder ulang pada bagian regulator serta beberapa titik pada bagian kaki playback serta bagian power supply. Setelah selesai kini kita coba hidupkan televisi Sanyo dan hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal. Televisi Sanyo sudah terlihat lagi tampilan gambar serta suaranya, selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk televisi ini .






sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment