Tuesday, January 19, 2016

TV SANKEN ST21JUS MASALAH PADA BAGIAN VERTIKAL


Kerusakan:
Televisi Sanken jika kita hidupkan pada layar monitor hanya bisa kita lihat garis horizontal berwarna biru, kita hanya bisa mendengarkan suaranya saja.

Model televisi Sanken :

model-Televisi-Sanken-ST21JUS-300x225



Perbaikan:
Awal pemeriksaan kita adakan pengukuran pada bagian tegangan supply 26 volt untuk ic Vertikal, hasilnya untuk ke Ic kita tidak dapatkan adanya tegangan 26 volt padahal dari catu dayanya tegangan tersebut tersedia. Untuk memastikan letak kerusakan kita lakukan pengukuran hambatan untuk Ic Vertikalnya dengan multitester dan hasilnya adalah Ic vertikal sudah dalam kondisi konsleting/ shot antara ground dengan + .

Jadi sudah jelas kerusakan ada pada Ic Vertikalnya maka segera kita lepaskan Ic tersebut dan setelah terlepas dari mainboard kita baru melihat Ic Vertikal mengalami hangus jadi kode agak hilang sedikit. Tampilannya Ic vertikal bawaan televisi :

ic-vertikal-mainboard-televisi-Sanken-300x225

Untuk memudahkan kita maka kita lihat saja kode belangnya yaitu 72A maka kita dapatkan type Ic-nya yaitu STV8172A ,tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

ic-stv8172a-300x225

Sebelum kita pasangkan Ic STV8172A maka perlu kita lakukan penggantian Resistor untuk tegangan 26 volt serta Capasitor 100 uf/50 volt, dua komponen ini sangat penting supaya sistem vertikal bisa kembali berfungsi. Lokasi 2 komponen tersebut bisa kita lihat pada gambar berikut :

capasitor-dan-resistor-mainboard-televisi-Sanken-300x225

Nilai resistor adalah 1 ohm 1 Watt, setelahnya kita pasangkan Ic STV8172A . Kini tinggal kita lakukan pengetesan , kita hidupkan televisi Sanken dan hasilnya ? Alhamdulillah televisi Sanken sudah kembali normal, gambar sudah bisa kita lihat lagi di layar monitornya.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment