Tuesday, January 12, 2016

TV SAMSUNG CS21K3NT MATI TOTAL


Kerusakan:
Televisi Samsung CS21K3NT jika kita coba hidupkan sama sekali tidak ada tampilan pada layar monitornya, lampu indikator juga terlihat tidak menyala.

Model televisi Samsung :

model televisi Samsung CS21K3NT

Perbaikan:
Untuk memulai perbaikan langkah awal kita mulai adakan pengukuran pada bagian horizontal, komponen terkait pada bagian ini adalah Transistor horizontalnya. Kita gunakan multitester dengan fungsi ohm meter batas ukur X10 dan letakkan prob hitam pada kaki colector sedangkan prob merah pada kaki emitor dan hasilnya positif transistor dalam kondisi shot/ konsleting itu kita lihat dari multitester yang menunjukan angka. Jika transistor masih dalam kondisi baik seharusnya multitester tidak boleh menunjukan angka/ o ohm.

Segera kita lepaskan transistor horizontal dari mainboard, type transistor yang dipergunakan adalah 2SD5703 dan setelahnya kita coba hidupkan televisi Samsung-nya ? Hasilnya kita lihat televisi sudah bisa hidup walaupun hanya lampu indikatornya saja yang menyala. Setelah kita perhatihkan kayaknya ada yang kurang beres karena lampu indikator terlihat berkedip sesaat dan setelahnya mati sama sekali. Dari kejadian ini bisa kita pastikan power supply juga mengalami trouble, dan langkah perbaikan untuk ini adalah dengan mengganti Capasitor B-up dengan nilai 47 uf/50 volt. Untuk lebih jelas bisa kita lihat pada gambar berikut dimana letak capasitornya :

capasitor b-up power supply televisi samsung

Setelah kita adakan penggantian capasitor 47uf/50 volt ,kita coba hidupkan televisi Samsung-nya lagi dan hasilnya kini kita lihat sudah tampak normal yaitu lampu indikator menyala sesaat dan berkedap-kedip . Tahap selanjutnya kita adakan pengukuran tegangan B+ dan hasilnya bagus yaitu 125 volt maka sekarang tinggal kita pasangkan transistor horizontalnya dan disini kita menggunakan type 2SD2580,tampilannya :

transistor 2SD2580 , mainboard televisi Samsung

Waktunya kita lakukan pengetesan akhir, kita hidupkan televisi Samsung-nya lagi dan hasilnya Alhamdulillah televisi Samsung sudah bisa hidup kembali. Sedikit tambahan dalam perbaikan televisi ini kita lakukan penyolderan ulang pada beberapa titik yaitu pada bagian Card RGB poin ada pada Ic-nya, tampilannya :

Ic video RGB televisi Samsung

Satu lagi pada Ic-Bus, tampilannya :

ic-bus televisi Samsung


Selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk televisi Samsung, kini semuanya sudah kembali normal .








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment