Sunday, January 24, 2016

TV SAMSUNG CS-29Z40MN MATI TOTAL


Kerusakan:
Televisi Samsung jika kita coba hidupkan sama sekali tidak ada tanda-tanda kehidupan, itu kita lihat dari lampu indikatornya yang tidak menyala. Televisi ini sudah bekas servisan, jadi mungkin menemukan kesulitan untuk mencari lokasi kerusakannya .

Model televisi Samsung :

model-Televisi-Samsung-CS-29Z40MN-300x225


Perbaikan:
Kasus kali ini yang dialami televisi Samsung adalah mati-total dan pemeriksaan untuk pertama kali kita lakukan pada Transistor horizontal. Dan memang benar adanya transistor ini sudah dalam kondisi shot/ hubung singkat antara colector ke emitor-nya. Segera kita lakukan pelepasan transistor dari mainboard dan kita lakukan pemeriksaan lanjutan dengan poin masih di area horizontalnya.

Kita coba ukur dioda recovey pada bagian horizontal disini menggunakan 2 buah, kita dapatkan dalam kondisi baik dan untuk lebih memastikan kita coba hidupkan televisi-nya dan hasilnya jalur control horizontal kita dapatkan adanya tegangan 155 volt ? Tentunya hal ini tidak boleh terjadi mengingat jalur ini hanya yang bisa lewat arus tegangan osilasi saja. Kita matikan televisinya dan kita ukur ulang dan hasilnya adalah 1 buah dioda recovey mengalami kerusakan dan kita siapkan pengganti dengan type BY299. Posisi dioda yang kita maksud bisa dilihat pada gambar berikut :

dioda-recovery-mainboard-televisi-samsung-300x225

Tahap lanjutan pemeriksaan kita lakukan pada jalur control horizontal dengan menggunakan transistor Fet, untuk transistor-nya sendiri setelah kita lakukan pemeriksaan masih dalam kondisi bagus dan yang mengalami kerusakan adalah resistor 0,5 ohm . Lokasi resistor-nya bisa dilihat pada gambar berikut :

resistor-control-horizontal-mainboard-televisi-samsung-300x225

Semua penyebab sudah kita ketahui maka segera kita pasangkan Transistor horizontal baru dan untuk ini kita menggunakan type 2SC5386. Kenapa type ini yang kita pergunakan ? itu karena type transistor ini original/asli yang masih bisa kita dapatkan dan itu sesuai dengan keperluan televisi ini. Setelah selesai kita pasangkan semua komponen kini tinggal kita adakan pengetesan. Kita coba hidupkan televisi Samsung dan hasilnya Alhamdulillah televisi Samsung sudah bisa hidup kembali dengan tampilan gambar sesuai dengan settingan awal/ pabrikan.

Selesai sudah perbaikan untuk televisi Samsung , alhamdulillah







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment