Saturday, January 16, 2016

TV SAMSUNG 21M16ML HIDUP SEBENTAR LALU MATI


Kerusakan:
Televisi Samsung jika kita coba hidupkan terlihat normal pada awalnya tapi setelah beberapa menit mendadak televisi mati sendiri. Dalam kondisi mati kita hanya melihat lampu indikator saja yang menyala, jika kita coba hidupkan televisi lagi ? televisi bisa hidup kembali dan tak lama mati lagi begitu terus kejadiannya.

Perbaikan:
Untuk kasus ini kita tidak bisa memberikan contoh gambar karena memang dadakan servis televisi sehingga handphone kita ketinggalan. Tapi sekilas bisa kita berikan gambaran dimana letak komponen yang mengalami kerusakan, awal pemeriksaan kita lakukan yaitu pada bagian sistem regulator tegangan 5 volt serta 9 volt. Hal ini kita lakukan dalam kondisi televisi hidup, mengapa mesti demikian ? Mencari kerusakan dengan kasus seperti ini akan menemui kesulitan jika kita lakukan dalam kondisi televisi mati.

Pada awal televisi kita hidupkan terukur tegangan terlihat normal yaitu 5 volt serta 9 volt tapi setelah beberapa saat kita melihat tegangan 9 volt mendadak drop dan tak lama televisi kembali mati. Jadi sudah jelas Ic regulator tegangan 9 volt mengalami kerusakan, ohh iya type Ic regulator ini mempunyai 4 pin yang salah satunya sebagai switch on-off. Kita coba adakan penggantian dan setelahnya kita coba hidupkan kembali televisi Samsung ? Hasilnya alhamdulillah televisi Samsung sudah bisa hidup dengan normal.

Sebelum televisi kita rapikan sesaat kita coba melihat komponen yang ada di mainboard, kita melihat ada 2 capasitor yang mengalami perubahan fisik yaitu untuk filter tegangan supply ke Ic Vertikal jadi untuk melengkapi kita lakukan penggantian juga pada capasitor-nya dengan kapasitas 470uf/35 volt. Selesai sudah perbaikan untuk televisi Samsung ini, saatnya terima uang servis dan saatnya untuk pulang.

Alhamdulillah masih ada filenya,, posisi IC regulatornya bisa dilihat pada gambar berikut :.
posisi-ic-regulator-9-volt-mainboard-televisi-samsung-300x225









sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment