Monday, January 18, 2016

TV LG 29FU6RL MATI TOTAL


Kerusakan:
Televisi LG jika kita hidupkan sama sekali tidak ada tampilan pada layar monitornya, lampu indikatornya tampak tidak menyala.

Model televisi LG :

model-Televisi-LG-29FU6RL-300x225


Perbaikan:
Permasalahan dengan kasus mati-total bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah aliran listrik yang tidak masuk ke dalam rangkaian karena rusaknya komponen dalam hal ini Switch on-off. Dan ada lagi dengan kasus yang sama, aliran listrik terukur ada pada rangkaian power supply dan ternyata ada kerusakan pada bagian switching-nya. Untuk kasus kali ini hal awal yang mesti kita periksa adalah Switch on-off.

Dari switch ini aliran listrik masuk kedalam rangkaian power supply, dan model switch ini adalah single yaitu hanya satu arah saja untuk memutuskan aliaran listrik-nya. Tampilan switch bisa dilihat pada gambar berikut :

switch-on-off-televisi-LG-225x300

Untuk memeriksa switch ini hanya kita tekan yaitu dalam kondisi on kita hubungkan dengan multitester dengan batas ukur x10 ohm meter dan lihat apakah jarum multitester bergerak atau tidak, jika ia berarti switch bagus jika tidak switch rusak. Hasil pengukuran kita dapatkan switch memang sudah dalam kondisi rusak, kita coba adakan perbaikan tidak membawa hasil karena platina switch sudah dalam kondisi patah.

Jadi untuk memperbaiki ini kita coba hubungkan langsung dahulu yaitu tanpa switch dan kita coba hidupkan televisi LG-nya ? Hasilnya televisi LG sudah bisa hidup, jadi permasalahan hanya pada switch. Segera kita carikan switch pengganti dan setelah dapat kita lepaskan switch lama dan menggantikannya dengan switch baru.

Selesai sudah perbaikan televisi LG, alhamdulillah.

Sambung lagi nih, kita menemukan kasus yang sama dengan model sama persis tapi kali ini letak kerusakan bukan pada switch on-off melainkan pada bagian horizontal. Komponen terkait yang mengalami kerusakan ada pada Transistor 2SC6090 serta Capasitor 18nf/2kv. Transistor 2SC6090 kita ganti dengan persamaannya yaitu 2SC6092 , ini kita lakukan karena type 2SC6092 adalah transistor yang masih bagus kondisinya/ Original. Ciri-ciri yang bisa kita kenali yaitu ada tanda titik di body transistor-nya, seperti ini tampilannya :

transistor-2SC6092-original-225x300

Kini setelah kita lakukan penggantian transistor serta capasitor televisi LG sudah bisa hidup kembali dengan normal, posisi transistor serta capasitor pada mainboard ? Tampilannya :

mainboard-televisi-LG-horizontal-225x300

Jika nanti ada lagi kasus kerusakan dengan type ini , akan kita share …..







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment