Monday, January 4, 2016

TV LG 21FL1RG MATI TOTAL


Kerusakan:
Tv LG 21FLiRG jika kita coba hidupkan ? Tidak terlihat lampu indikatornya menyala bisa dibilang mati-total

Model Tv LG :

model tv LG



Perbaikan:
Jika menemukan permasalahan seperti ini langkah awal yang mesti kita lakukan adalah memeriksa Transistor horizontal, kerap kali Transistor ini sebagai penyebab utama kerusakan. Cukup dengan melepaskan Transistor dari Mainboard dan coba hidupkan televisinya , biasanya akan terlihat lampu indikator menyala. Dalam kasus yang sedang kita coba perbaiki ternyata memang benar ada kerusakan dibagian horizontalnya.

Dari sekian kasus yang pernah kita temui biasanya Transistor horizontal tidak akan rusak apabila tidak ada penyebabnya, biasanya karena rusaknya Playback atau rusaknya Capasitor untuk sistem Osilasi. Type Transistor disini menggunakan 2SC6092 dan kita pasangkan pengganti dengan type 2SD2581 dan untuk Capasitor kita gunakan sesuai dengan bawaan/ asli yaitu 12nf/2kv. Ada sedikit permasalahan yaitu adanya kebocoran dibagian Hv out Playback , jadi sebelum kita hidupkan televisi kita beri isolasi bakar terlebih dahulu.

Pemasangan isolasi bakar mengharuskan kita melepaskan kop karet dan sedikit memotong kabel Hv, dan setelahnya kita masukkan isolasi sesuai dengan panjangnya kabel Hv out dan kita bakar supaya menyerupai bentuk kabel.Setelah rapi kini kita coba hidupkan televisinya ? Hasilnya Alhamdulillah Televisi LG sudah bisa hidup kembali.

Tampilan Mainboard Tv LG :

mainboard tv LG


mainboard-tv-LG-(2)
Itu sekilas perbaikan yang kita lakukan untuk televisi LG dengan kasus kerusakan mati-total, semoga bisa bermanfaat.





sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment