Tuesday, January 12, 2016

TV LG 21FC1AG-TH SUARA BERISIK


Kerusakan:
Televisi LG 21FC1AG-TH jika kita hidupkan untuk pertama kali semuanya terlihat baik-baik saja, gambar serta suara dalam kondisi normal tapi setelah agak lama televisi kita hidupkan mulai timbul suara berisik dari speaker. Walaupun kita kecilkan volume tetap saja suara berisik ini tetap ada.

Model televisi LG :

model televisi LG



Perbaikan: 
Suara berisik ini timbul setelah televisi kita hidupkan agak lama, dari kejadian ini kita bisa simpulkan adanya komponen yang mengalami permasalahan ketika temperaturnya naik/ menjadi panas. Karena posisi permasalahan ada pada bagian audio maka kita lakukan pemeriksaan pada bagian audionya saja. Televisi LG ini menggunakan Ic LV1116N sebagai media pengaturan suara, tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

IC LV1116 mainboard televisi LG 21FC1AG-TH

Karena kasus seperti ini pernah kita temui maka kita langsung adakan penggantian Ic LV1116N , yang dipergunakan pada mainboard ini model standar bukan model SMD. Inilah tampilan Ic LV1116N sebelum kita pasangkan di mainboard :

IC LV1116N


Setelah selesai kini kita coba hidupkan televisi LG-nya selama 2 jam penuh untuk lebih memastikan penggantian Ic LV1116N apakah berhasil atau tidak , setelah 2 jam barulah kita dapatkan hasil suara berisik kini sudah tidak terdengar lagi dari speakernya. Alhamdulillah, selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk televisi LG ini.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment