Sunday, January 24, 2016

TV ICHIKO MATI STANDBY


Kerusakan:
Televisi Ichiko jika dihidupkan cuma terlihat lampu indikatornya saja yang menyala sedangkan pada layar monitor sama sekali tidak ada tampilan.

Model televisi Ichiko :

model-televisi-Ichiko-300x225



Perbaikan:
Lampu indikator yang menyala saat kita hidupkan televisinya ada indikasi rangkaian power supply masih berfungsi dengan baik. Permasalahan dengan tidak ada tampilan pada layar monitor bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan untuk kasus kerusakan kali ini ada pada playback. Awal sebelum terlihat playback mengalami kembung pada badannya kita adakan pengukuran dengan hasil tegangan B+ hanya 50 volt.

Kondisi playback bisa dilihat pada gambar berikut :

playback-televisi-ichiko-225x300

Type playback ini BSC25-N0587 dan kita gunakan playback pengganti dengan type BSC25-Z603F yang secara pinoutnya adalah sama persis. Tampilan playback pengganti ada pada gambar berikut :

playback-BSC25-Z603F-2-300x225

Segera kita lepaskan playback lamanya dan kita pasangkan playback yang baru, sebelum kita coba hidupkan televisi ada baiknya kita lakukan penggantian juga pada capasitor area filter tegangan B+ dan yang lainnya. Pada mainboard televisi Ichiko ini kita lihat ada beberapa capasitor yang sudah dalam kondisi yang kurang bagus. Tampilan mainboard televisi Ichiko bisa kita lihat pada gambar berikut :

mainboard-televisi-Ichiko-300x225

capasitor-filter-power-supply-televisi-Ichiko-300x225

Setelah selesai semua proses penggantian kini kita coba hidupkan televisi Ichiko dan hasilnya Alhamdulillah televisi Ichiko sudah kembali hidup. Karena penggantian playback maka mesti diadakan setting ulang pada level screen serta fokus. Setelah pas tinggal kita rapikan televisinya dan kita tutup kembali casing bagian belakangnya. Alhamdulillah selesai sudah perbaikan untuk televisi ini.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment