Saturday, January 16, 2016

TV GOLDSTAR CA20A62 BAU HANGUS


Perbaikan:
Televisi GoldStar jika kita hidupkan sama sekali tidak ada tampilan pada layar monitornya hanya terdengar suara seperti ada yang meledak dari dalam televisinya dan tak lama tercium bau hangus.

Model televisi GoldStar :

model-Televisi-GoldStar-CA20A62-300x225



Perbaikan:
Bau hangus yang dikeluarkan dari dalam televisi kira-kira dari komponen apa ya ? Untuk mengetahuinya segera kita buka televisi GoldStar dan mengadakan pengamatan dan hasilnya adalah Playback yang mengalami kerusakan. Televisi ini sudah berumur sekali dan sangatlah wajar mengalami hal ini, dan sebelum kita lakukan penggantian playback ada baiknya kita lakukan beberapa hal diantaranya :

Cek tegangan B+ apakah masih dalam kondisi normal yaitu 115 volt, televisi Goldstar ini menggunakan STR6707 dan ada baiknya lakukan penggantian capasitor area primer dengan kapasitas 10uf/160 volt,47,220uf/50 volt. Dan satu lagi capasitor filter tegangan 115 volt yaitu 100/220uf/160 volt hal ini sangat penting supaya perbaikan berjalan lancar.

Cek Ic Eeprom Atmel 24C02 , kerap kali ini juga mengalami kerusakan dengan tanda jika televisi pertama kali kita hidupkan maka televisi langsung hidup padahal seharusnya standby, selanjutnya penggantian switch panel juga mesti kita lakukan supaya fungsi manual bisa bekerja dengan baik.

Cek atau langsung ganti Coil VCO dan AFT, jika memungkinkan bisa juga dilakukan pengetriman ulang supaya frekuensi bisa sinkron/ pas, jika semua sudah kita lakukan maka sekarang tinggal kita lepaskan playback yang mengalami kerusakan dan kita pasangkan playback baru. Type playbacknya adalah 155-177B , hasil setelah kita pasangkan pada mainboardnya :

mainboard-televisi-GoldStar-300x225

Playback televisi GoldStar :

Playback-154-177B-300x225

Kini setelah selesai semuanya kita coba hidupkan televisi GoldStar dan hasilnya ? Alhamdulillah televisi GoldStar sudah bisa hidup kembali. Langkah selanjutnya hanya tinggal menyetting level screen dan fokus untuk menyesuaikan tampilan pada layar monitor. Selesai sudah perbaikan untuk televisi GoldStar ini.






sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment