Wednesday, January 27, 2016

TV AKIRA CT14SJ9CP TIDAK MAU HIDUP


Kerusakan:
Televisi Akira jika kita hidupkan terlihat lampu indikator berkedip-kedip sedangkan pada layar monitor sama sekali tidak ada tampilan.

Model televisi Akira :

model-Televisi-Akira-CT14SJ9CP-300x225



Perbaikan:
Rangkaian power supply menjadi fokus utama untuk diadakan pemeriksaan, televisi Akira menggunakan Ic STR6653 sebagai switching utamanya. Untuk mengetahui letak kerusakan kita coba hidupkan televisi-nya dan kita adakan pengukuran pada bagian sekunder untuk tegangan B+, hasil dari pengukuran kita dapatkan tegangan dalam kondisi berdenyut/ mati-hidup.

Untuk bagian output yang lain juga mengalami hal yang sama, untuk tahap awal kita coba ganti capasitor 47 uf/50 volt pada bagian Ic switching/ primer area. Setelah kita ganti dan kita coba hidupkan televisi kita tetap mendapatkan hasil yang sama seperti semula/ tetap berdenyut.

Tahap lanjutan kita lakukan pengukuran pada bagian control disini menggunakan poto couppler dan transistor, disini kita dapatkan masih dalam kondisi bagus. Pemeriksaan capasitor juga kita lakukan ,disini menggunakan 100 uf/160 volt sebanyak 2 buah untuk filter tegangan B+ . Jika kita lihat sepertinya tidak ada masalah dengan capasitor-nya karena tidak ada perubahan bentuk , jadi kita kira masih bagus capasitor-nya.

Ternyata setelah kita coba jumper coil penghubung capasitor 100uf/160 volt mendadak power supply kembali berfungsi, jadi capasitor filter pertama yang terhubung dengan dioda yang mengalami kerusakan dan pada bagian ini terhubung langsung untuk bagian control B+ nya.

Jadi telah kita ketahui penyebab utama kerusakan ada di capasitor maka segera kita lakukan penggantian , posisi capasitor di mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut :

mainboard-televisi-Akira-CT14SJ9CP-300x225

capasitor-filter-power-supply-televisi-Akira-CT14SJ9CP-300x225

Kini setelah kita ganti capasitor 100uf/160 volt ,Alhamdulillah televisi Akira sudah kembali normal.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment