Tuesday, January 12, 2016

KOMPONEN PTC PADA TV


PTC adalah singkatan dari Positif Temperatur Coefisien , dalam kerjanya PTC ini akan mempunyai nilai hambatan yang besar jika suhu mengalami kenaikkan. Di dalam rangkaian penerimaan televisi kita selalu menemukan PTC karena digunakan untuk mengaktifkan sistem degoussing. Sesaat PTC dalam kondisi dingin maka ia akan mengalirkan arus yang besar ke kumparan kawat email yang nantinya akan menghasilkan daya magnet. Proses ini tidak berlangsung lama hanya beberapa detik saja, setelahnya sistem degoussing kembali ke posisi standby. Dari hasil ini membuat efek magnet yang menggangu yang ada di flat logam CRT menjadi menghilang.

PTC yang biasa dipergunakan televisi ada 2 model yaitu :

1 PTC 2 pin/ kaki, tampilannya :

PTC 2 Pin

PTC 2 Pin

2 PTC 3 pin/ kaki, tampilannya :

PTC 3 Pin

PTC 3 Pin Tampak Bawah

Dari kedua model tersebut yang sering kita temui adalah model 3 pin, bisa juga jika lakukan penggantian model 2 pin jika memang lagi tidak menemukan model serupa. Selain di televisi PTC juga ada pada lemari es, letaknya di compresor tapi tidak semuanya untuk sebagian model saja. Intinya kegunaan PTC ini adalah sebagai komponen yang bisa memberikan arus listrik yang besar dengan waktu kerja yang singkat, karena sifat kerjanya yang menghasilkan panas makanya terkadang bisa terjadi kerusakan.

PTC masuk dalam varian Resistor yang mempunyai hambatan yang membedakan adalah hambatannya bisa berubah jika terkena panas alias tidak tetap, contohnya jika kondisi dingin nilai hambatan 9 ohm maka setelah panas menjadi 10K ohm . Jika suhu PTC kembali dingin maka hambatannya kembali ke posisi semula 9 ohm. Inilah sekilas tentang PTC , semoga bisa bermanfaat.






sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment