Friday, January 29, 2016

BAHAYA SETRUM SISA YANG ADA DI TELEVISI


Setrum sisa pada rangkaian penerimaan televisi itu ada pada bagian output playback untuk CRT, ini akan sangat berbahaya jika salah kita dalam melepaskan kop karet playback yang menempel di CRT. Pengalaman kita dahulu saat masih awal belajar servis televisi, kita terpental hampir 2 meter setelah berusaha melepaskan kop karet playback yang ternyata masih tersimpan tegangan di dalamnya.

Alhamdulillahnya kita tidak cidera , Allah masih memberi nikmat untuk bisa belajar servis televisi . Dari pengalaman itu membuat kita tahu gimana rasanya kena sisa setrum dari CRT televisi, sangat mengejutkan serta menbuat kita pusing. Dengan kemajuan sistem penerimaan televisi kini setrum sisa dari CRT bisa dihabiskan secara otomatis setelah beberapa saat kita matikan televisi-nya, sayangnya tidak berlaku untuk semua merk televisi hanya beberapa diantaranya adalah merk SONY,TOSHIBA.

Untuk televisi merk Cina atau mainboard keluaran Cina tidak mengadopsi sistem ini jadi untuk melepaskan kop karet playback kita mesti membuang setrum sisa dengan memberikan ground yang kita ambil dari sasis CRT itu sendiri. Ada lagi letak setrum sisa yang bisa kita jumpai pada rangkaian penerimaan televisi yaitu ada pada bagian power supply-nya. Ini dapat terjadi apabila terjadi kerusakan akan tetapi bukan karena Ic atau Transistor melainkan karena resistor B-up atau capasitor B-up.

Sedikit tentang Resistor B-up itu biasa ada pada rangkaian power supply dengan posisi tegangan input untuk resistor didapat dari tegangan utama dalam hal ini tegangan 300 volt / contoh Resistor B-up adalah nilai 220k ohm/ 470 k ohm atau nilai lain . Sedangkan Capasitor filter B-up ini biasa digunakan sebagai filter tegangan dalam penstabilan tegangan supply Ic Switching, contohnya 22uf/50 volt – 47 uf/50 volt -100uf/50 volt atau nilai yang lain

Dengan tidak berfungsi komponen tersebut membuat capasitor filter tegangan 300 volt masih terisi penuh, walaupun kita matikan televisi tegangan ini akan tetap ada untuk beberapa waktu. Akan terasa mengagetkan apabila tersentuh oleh tangan kita, jadi apabila terjadi kerusakan serupa dalam hal ini power supply yang tidak bekerja dengan kondisi Fuses bagus/ tidak putus akan lebih baik diteliti dari mana sumber penyebab kerusakan.

Bahaya juga akan mengintai peralatan ukur kita multitester tentunya , jadi letakkan posisi pada fungsi Volt Meter untuk pertama kali kita periksa rangkaian power supply jika kita temukan fuses masih dalam kondisi tidak putus akan tetapi power supply tidak bisa hidup. Keselamatan kerja harus kita utamakan untuk menghindari kejadian yang tidak kita inginkan, apabila tetap terjadi juga itu namanya Musibah .

Itulah sekilas tentang setrum sisa yang ada pada televisi, untuk yang sudah terbiasa mungkin tidak terlalu penting akan tetapi untuk pemula mungkin bisa bermanfaat.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment