Tuesday, December 29, 2015

TV TOSHIBA 29E7XP MATI TOTAL


Kerusakan:
Televisi Toshiba 29E7XP  bila saya coba hidupkan sama sekali tidak ada tanda-tanda kehidupan, lampu indikator tampak tidak menyala. Terdengar seperti ada suara decitan dari dalam televisinya,bunyinya sangat pelan jadi mesti agak dekat baru terdengar dengan jelas.

Model televisi Toshiba :

model tv toshiba



Pemeriksaan:
Awal pemeriksaan yang saya lakukan adalah mengukur Transistor horizontal, transistor horizontal adalah komponen utama yang terhubung supply tegangan yang paling besar, jika terjadi kerusakan pastinya power supply unit ( PSU ) akan memprotek ( untuk mengamankan rangkaian ). Hasil pemeriksaan adalah posistifTransistor  rusak, dengan rusaknya transistor horizontal maka tegangan supply B+ menjadi 0 volt . Posisi Transistor horizontal, lihat pada gambar berikut :

posisi-transistor-horizonta

Transistor horizontal saya lepaskan dan setelahnya hidupkan televisi ? hasilnya pengukuran didapat tegangan B+ 125 volt DC . Transistor horizontal pengganti saya gunakan type BU2520DF, dan setelah terpasang saya hidupkan lagi televisi dan hasilnya Alhamdulillah televisi Toshiba 29E7XP sudah bisa hidup kembali.

Ada masalah baru setelah saya perhatikan dilayar CRT ,yaitu tampilan gambar agak menyusut bagian bawah dan bagian atas terlihat melebar. Untuk mengatasi masalah ini saya gantikan capasitor 2,2 uf/50 volt dibagian IC Crhoma untuk R-amp vertikal

Semoga bisa bermanfaat








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment