Saturday, December 12, 2015

TV TOSHIBA 14C2E1 FUNGSI REMOTE TIDAK FUNGSI


Kerusakan:
Tv Toshiba dalam kondisi hidup yang jadi masalah adalah untuk fungsi remotenya saja , kita sudah coba ganti remote tetap saja tv tidak bisa merespon perintah yang diberikan remote control.

Model tv Toshiba :

model tv toshiba 14c2e1



Perbaikan:
Indikasi permasalahan ada di seputar sensor , ini dugaan kita untuk pertama kali  karena remote setelah kita periksa masih dalam kondisi baik.Setelah tv kita lepaskan casingnya langsung kita lakukan pengukuran dibagian sensor , pengukuran yang kita lakukan tv dalam kondisi hidup . Tegangan di kaki sensor untuk pinout If  terukur 4 volt dan jika kita tekan remote control dengan perintah bebas/ yang mana saja terukur tegangan berdenyut, jadi telah bisa kita pastikan sensor masih dalam kondisi baik.

Posisi sensor bisa kita lihat pada gambar berikut :

sensor-di-mainboard-tv-tosh

Yang jadi bikin kita penasaran kenapa kok sistem tidak bisa menerima perintah data yang diberikan remote control ? Setelah kita lakukan pengukuran dibagian key untuk fungsi keypad barulah kita ketahui permasalahan timbul dari sini dengan komponen terkait switch. Tanpa lama-lama segera kita lakukan penggantian untuk kesemua switch ada 6 buah, setelah selesai kita coba hidupkan tv Toshiba dan hasilnya alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.Inilah kisah perbaikan yang kita lakukan hari ini, semoga bisa bermanfaat.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment