Tuesday, December 29, 2015

TV SONY KV-EX29M69 SUSAH HIDUPNYA


Kerusakan:
Televisi Sony KV-EX29M69 jika kita akan hidupkan terlihat lampu indikator kedap-kedip , setelah selang beberapa menit televisi baru bisa hidup. Setelah televisi bisa hidup tampilan gambar di layar monitor terlihat double dan selang beberapa menit mulai normal kembali.

Model televisi Sony :

model televisi Sony



Perbaikan:
Tahap awal perbaikan kita mulai dengan memeriksa rangkaian power supply, di Mainboard televisi Sony mengadopsi 2 power supply yaitu 1 untuk logic/control dan 1 lagi untuk rangkaian penerima televisi dengan komponen terkait playback dan kawan-kawannya. Dari kasus kerusakan yang terjadi kita sudah bisa menebak kiranya ada dibagian mana letak kerusakannya ini berada di IC MCZ3001D. Segera kita lepaskan IC yang lama dan menggantikannya dengan IC yang baru, posisi di Mainboard bisa dilihat pada gambar berikut :

Mainboard-televisi-sony



Setelah IC MCZ3001 terpasang kini kita coba hidupkan televisi Sony ? Hasilnya Alhamdulillah televisi Sony sudah bisa hidup dengan normal / maksudnya langsung hidup tidak pakai nunggu. Sekarang tinggal mencari solusi untuk permasalahan kedua yaitu tampilan gambar yang double. Untuk yang satu ini kita adakan pemeriksaan dibagian Video dan bagian ini dilindungi oleh Alumunium, jadi lepaskan dahulu 2 buah baut nantinya akan kita temui modulnya . Tampilannya seperti ini :

Mainboard-televisi-sony-1

modul-video-televisi-Sony



Penggantian Capasitor 4,7uf/25 volt kita pasangkan dengan nilai 10uf/50 volt, setelah selesai kini kita coba hidupkan televisi Sony-nya dan hasilnya Alhamdulillah tampilan gambar sudah kembali normal. Selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk televisi Sony ini, saatnya rapikan peralatan dan terima uang jasanya lalu pulang deh.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment