Sunday, December 6, 2015

TV SHARP 14V20MS2 MATI TOTAL


Kerusakan:
Tv Sharp 14V20MS2 jika kita coba hidupkan, lampu indikator tampak tidak menyala lebih simpel kerusakannya kita bilang mati-total.

Model tv Sharp :

model-tv-sharp-14v20ms2

Perbaikan:
Mati-total berarti pemeriksaan awal kita lihat fuses/ sikring, disini kita lihat fuses sudah hitam . Telah terjadi hubung singkat sehingga fuses menjadi hitam, dan pemeriksaan mesti kita lanjutkan ke komponen utama PSU yaitu Ic STR5354. Cukup hanya melepaskan ic switching dari mainboard dan setelah terlepas kita ukur dengan multitester tepat di kaki capasitor filter tegangan 300 volt . Hasil yang baik adalah jika kita temui seperti kita mengukur dioda yaitu hanya 1 arah saja tidak boleh terukur bolak-balik. Tampilan PSU tv Sharp :

psu-tv-sharp

Memang kerusakan yang sedang kita tanggulangi ada di ic STR5354, sebelum kita pasangkan ic baru ada baiknya periksa dahulu komponen pendukung untuk ic switchingnya. Ada beberapa dioda – resistor- capasitor, setelahnya barulah kita pasangkan ic STR5354. Sebelum kita coba hidupkan PSU disini kita ukur transistor horizontal untuk FBT type TT2140 dan kita dapatkan dalam kondisi rusak. Segera kita lepaskan transistor horizontal dan kita masukan aliran listrik dan kita ukur tegangan output untuk FBT, hasilnya tegangan terukur 125 volt.

Dengan tegangan 125 volt sudah bisa kita pastikan PSU bekerja dengan baik, kita lepaskan aliran listrik dan kita pasangkan transistor horizontal baru. Type transistor pengganti TT2074 dan tanpa lama-lama kita masukan lagi aliran listrik dan hasilnya ? Alhamdulillah tv Sharp sudah  kembali normal. Tampilan transistor horizontal :

tr-hor-pengganti








sumber:
www.hamimservis.com


No comments:

Post a Comment