Wednesday, December 23, 2015

TV SANYO CW21KF2C MATI SENDIRI


Kerusakan:
Tv Sanyo CW21KF2C jika kita coba hidupkan awalnya terlihat normal, gambar dan suara berfungsi dengan baik tetapi terkadang tv suka mati sendiri. Waktu matinya tv tidak tentu kadang-kadang setelah agak lama tv dihidupkan, terkadang hanya hitungan menit tv langsung mati lagi.

Model tv Sanyo :

Model tv sanyo CW21KF2C


Perbaikan:
Perbaikan awal kita mulai dengan mengadakan resolder/ solder ulang dengan menambahkan timah di beberapa kaki komponen yang mengalami retak, ini bisa menjadi penyebab utama kerusakan yang di alami tv Sanyo ini. Poin utama ada di kaki Ic PSU/ power supply unit disini menggunakan STRW6754 dan memang kita lihat dengan jelas adanya keretakan timah solder, setelah kita lakukan solder ulang kita coba hidupkan tv Sanyo-nya dan hasilnya tetap seperti semula.

Karena resolder tidak membawa hasil maka tahap lanjutan adalah dengan mengganti Ic STRW6754 , Setelah terpasang Ic STRW6754 kita coba hidupkan tv Sanyo lagi dan hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal, tv Sanyo sudah tidak mati-mati lagi. Karena permasalahan sudah di ketahui maka sedikit kita lakukan resolder di kaki komponen di antaranya , Ic regulator dan Ic vertikal serta Transistor penguat video. Tampilan Ic STRW6754 di mainboard :

Ic-STRW6754-di-mainboard

Selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk tv Sanyo ini,,mungkin anda menemukan permasalahan yang sama dalam usaha perbaikan tv dengan model ini ??? semoga coretan kita ini bisa bermanfaat, amien






sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment