Tuesday, December 29, 2015

TV SANKEN BAZZON 29APF MATI TOTAL


Kerusakan:
Tv Sanken mengalami kerusakan setelah timbulnya bunyi dari dalam televisinya, bunyinya seperti ada kebocoran di playback.

Model tv Sanken :


model tv sanken

Perbaikan: 
Pemeriksaan kita lakukan paling awal dibagian transistor horizontal, disini kita dapatkan hasil transistor masih dalam kondisi bagus/ tidak shot. Tahap selanjutnya kita lakukan pengukuran di capasitor filter tegangan 300 volt, ini berada dibagian power supply. Dari hasil pengukuran dengan multitester juga kita dapatkan hasil yang sama yaitu bagus-bagus saja. Kita maju selangkah lagi yaitu pemeriksaan fuses/ sikring dan ini baru kita dapatkan hasil, kondisi sikring dalam kondisi putus.

Putusnya sikring tentunya karena adanya komponen yang shot/ konsleting, jadi sebelum kita lakukan penggantian fuses mesti kita periksa Dioda. Dan benar adanya 2 Dioda dalam kondisi shot dan segera kita lakukan penggantian, setelah selesai kita pasangkan fuses baru dan kita coba hidupkan tv Sanken-nya. Hasilnya alhamdulillah tv sudah bisa hidup dan sesaat itupula kita lihat adanya kebocoran dibagian bawah playback, langsung tv kita matikan dan kita lepasakn playback untuk memasangkan playback baru.

Type playback tv Sanken :
model playback tv sanken


Type playback ini kita tidak temukan jadi kita gunakan type lain yaitu :

type playback pengganti

Sekarang kita coba hidupkan tv Sanken dan hasilnya alhamdulillah semuanya sudah kembali normal, sedikit kita lakukan setting screen dan fokus untuk mendapatkan tampilan gambar yang optimal. Selesai sudah perbaikan tv Sanken yang kita lakukan, syukurnya masih bisa gunakan type playback lain yang secara pinout adalah sama persis sedangkan secara kode adalah beda.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment