Monday, December 7, 2015

TV SANKEN 14AM MATI TOTAL


Kerusakan:
Tv Sanken jika kita coba hidupkan tidak terlihat tanda-tanda kehidupan, lampu indikator tampak tidak menyala.

Model tv Sanken :

model-tv-sanken-14am



Perbaikan:
Langkah awal proses pemeriksaan kita lakukan di area power supply, komponen utama fuses/sikring  dan disini kita lihat kondisinya sudah tampak hitam seperti hangus. Dari sini sudah bisa dipastikan adanya komponen yang shot/ konsleting dan komponen terkait adalah Transistor power supply. Kita lepaskan transistor dari mainboard dan setelahnya kita lakukan pengukuran dioda untuk penyearah tegangan 300 volt dan disini kita dapatkan hasil dioda masih dalam kondisi baik. Untuk mengetahui lebih jauh apakah masih ada komponen lain yang mengalami kerusakan maka segera kita masukan aliran listrik, sebelumnya kita pasangkan fuses baru.

Setelah kita hidupkan kita lakukan pengukuran tegangan untuk basis transistor power supply, hasil terukur tegangan 1.2 volt dan dengan hasil ini sudah dipastikan komponen diarea primer dalam kondisi baik semuanya. Di area primer itu ada beberapa resistor serta dioda dan juga capasitor ukuran nano farad. Kita pasangkan Transistor power baru dan langsung kita coba hidupkan ? hasilnya tegangan output terukur tidak normal, saat awal terukur tegangan B+ 135 volt dan semakin lama makin menyusut yaitu 95 volt.

Kita lakukan pemeriksaan kembali dan kali ini di area sekunder power supply, komponen utama ada di trimpot untuk sistem control B+  , trimpot kita ukur masih baik begitu pula beberapa resistor yang terpasang . Hanya transistor C1815 yang belum kita periksa dan hasilnya posistif dalam kondisi rusak pin basis dengan emitor terukur shot/ ada hubungan bolak-balik. Kita ganti transistor C1815 dan kita coba hidupkan lagi power supplynya dan kali ini hasil yang kita dapatkan sudah sesuai alias normal yaitu 115 volt. Posisi transistor C1815 di mainboard :

area-regulator-mainboard-tv

Kita tekan tombol power melalui remote dan hasil akhirnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal, gambar sudah mulai tampak dilayar monitor begitu pula suaranya sudah terdengar terlebih dahulu. Selesai sudah perbaikan tv Sanken ini.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment