Saturday, December 5, 2015

TV SAMSUNG CS21Z45MQ SUSAH DIHIDUPKAN


Kerusakan:
Tv Samsung cs21z45mq kalau kondisi masih dingin sangat susah untuk dihidupkan, setelah kita coba berkali-kali dengan menekan tombol power barulah tv bisa hidup.

Model tv Samsung :

 model-tv-samsung-cs21z45mq

Perbaikan:
PSU/ power supply unit yang menjadi prioritas utama , ada indikasi permasalahan timbul dari bagian ini. Untuk mengetahui lebih jelas kita lakukan pengukuran, masukan aliran listrik dan kita dapatkan hasil tegangan 300 volt dan 18 volt dalam kondisi normal. 18 volt berfungsi sebagai B+ untuk ic switching dan disini walaupun PSU tidak berfungsi tegangan terukur stabil tidak berdenyut/ turun-naik.

Capasitor filter tegangan 18 volt kita lakukan penggantian disini memakai nilai 47uf/50 volt, setelah selesai proses penggantian kini kita coba lagi masukan aliran listrik ? hasilnya alhamdulillah PSU sudah berfungsi normal. Posisi capasitornya :

psu-samsung-cs21z45q

Langkah selanjutnya kita lihat capasitor filter di area sekunder ada yang melembung dan langsung kita lakukan penggantian, nilai 1000uf/50 volt, posisinya:

 psu-samsung-cs21z45q-1

Setelah kedua proses penggantian capasitor, kita hidupkan tv dan hasilnya 95 persen artinya masih ada lagi permasalahannya yaitu ada 3 garis dibagian atas gambar. Tv kita matikan dan kita lakukan penggantian capasitor 100uf/50 volt di area vertikal, posisinya :

Vertikal-area-tv-samsung-cs

Sekarang semuanya sudah kembali normal.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment