Thursday, December 17, 2015

TV SAMSUNG CS21B500HL MATI TOTAL

TV SAMSUNG CS21B500HL MATI-TOTAL
Kerusakan:
Tv Samsung jika kita coba hidupkan sama sekali tidak terlihat tanda-tanda kehidupan, lampu indikator tampak tidak menyala.

Model tv Samsung :

model tv samsung cs21b500hl


Perbaikan:
Langkah awal kita mulai dengan memeriksa Transistor horizontal, biasanya jika terjadi shot dibagian ini maka tv akan menjadi mati-total. Cara termudah adalah dengan melepaskan Transistor horizontal dari mainboard dan setelahnya kita lakukan pengukuran dengan multitester, hasil yang kita dapatkan adalah negatif. Maksudnya negatif adalah Transistor masih dalam kondisi baik, alias tidak rusak. Berikutnya kita lakukan pengukuran dimana masih di area horizontal disana ada 2 dioda recovery dan kita lakukan pengukuran untuk melihat apakah dioda masih dalam kondisi baik atau tidak.

Hasil yang kita dapatkan adalah posistif, dioda dalam kondisi shot dan segera kita lakukan penggantian, type diodanya adalah RGV30 dan sebagai penggantinya kita gunakan type RU4 sedangkan posisi di mainboard bisa kita pada gambar berikut :

dioda-ru4-di-mainboard

Langkah selanjutnya kita lakukan pengukuran kembali dimana masih di area horizontal dan kali ini dibagian pengaturan besar kecilnya lebar horizontal, disini menggunakan transistor model mosfet dengan type p5n20 dan hasil yang kita dapatkan transistor ini dalam kondisi shot/ konsleting  dan kita lakukan penggantian dengan type p6n6o , karena sudah ketahuan semua komponen yang mengalami kerusakan kini kita pasangkan kembali Transistor horizontalnya.

Setelah selesai semuanya kini kita coba hidupkan tv samsung dan hasilnya alhamdulillah semuanya sudah kembali normal, tv samsung sudah berfungsi seperti sedia kala . Tampilan gambar di layar monitor tampak normal serta fungsi suara juga dalam kondisi normal, selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk tv samsung ini.

posisi transistor p6n60 di mainboard :
Tr-di-mainbaord









sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment