Monday, December 21, 2015

TV PANASONIC TC21Z88JA INDIKATOR KEDIP-KEDIP


Kerusakan:
Tv Panasonic TC21Z88JA jika kita coba hidupkan terlihat lampu indikatornya menyala, kita tekan tombol power di remote ? hasilnya terlihat indikator kedap-kedip dan dilayar monitor hanya terlihat kilatan cahaya tanpa adanya gambar apalagi suaranya.

Model tv Panasonic :

model tv panasonic tc21z88ja



Perbaikan:
Untuk memudahkan pemeriksaan maka kita coba besarkan gain screen dan kita hidupkan tv panasonic-nya, disini kita lihat adanya garis vertikal di layar monitor. Langsung kita lakukan pengukuran tegangan 24 volt  untuk supply ke ic vertikal, hasil yang kita dapatkan adalah tidak ada masalah. Tegangan di bagian output untuk yoke juga terukur baik yaitu 12 volt, tapi kenapa hanya ada garis vertikal ? ini yang mesti kita selidiki lebih lanjut.

Karena dibagian vertikal tidak ada masalah maka tahap selanjutnya kita lakukan pengukuran tegangan 12 volt dari PSU/ power supply unit, tegangan ini berfungsi sebagai pengontrol secara keseluruhan sitem kerja tv ini. Dari tegangan ini didapatkan tegangan 5 volt serta 9 volt dan hasilnya positif penyebab utama kerusakan ada dibagian ini dan ini terjadi karena tidak berfungsinya capasitor filter nilai 470uf/25 volt. Posisi capasitor di mainboard :

pos-cap-di-mainboard

Langsung deh kita lakukan penggantian capasitor 470uf/25 volt dengan memakai nilai lebih besar yaitu 1000uf/50volt, dan setelah terpasang capasitor penggantinya kini kita hidupkan lagi tv panasonic-nya dan hasilnya Alhamdulillah tv panasonic sudah kembali normal, tidak susah lagi alias langsung hidup.







sumber:

No comments:

Post a Comment